8 Cara Membedakan Raket Badminton Original dan KW, Kenali Ciri-ciri Berikut dengan Mudah

Rilo Pambudi ยท Selasa, 26 Juli 2022 - 19:56:00 WIB
8 Cara Membedakan Raket Badminton Original dan KW, Kenali Ciri-ciri Berikut dengan Mudah
Cara Membedakan Raket Badminton Original dan KW (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Bagi pencinta bulutangkis, sebagian mungkin telah paham cara membedakan raket badminton yang original dan kw atau palsu. Namun bagi yang baru mulai suka badminton, memilih raket yang bagus dan original tentunya sangat patut diketahui.

Ada banyak sekali merk raket badminton ternama yang dijual dipasaran. Brand besar seperti Yonex, Lining, hingga Victor pastinya sudah tidak asing lagi bagi para pemula hingga profesional.

Merek-merek besar tersebut sangat umum dijumpai di pasaran. Namun, pastinya tidak sedikit juga barang tiruan alias kw atau palsu yang dijual di pasaran. Harga barang kw biasanya jauh lebih murah. Tetapi bagaimana jika raket-raket palsu tersebut dijual dengan harga yang setara dengan aslinya? Tentu hal itu akan merugikan konsumen.

Untuk itu, perlu diketahui dengan baik cara membedakan raket asli dan palsu agar tidak salah membeli. Caranya adalah dengan mengenali ciri-ciri yang umumnya ada pada raket bulutangkis asli. Berikut ini adalah cara membedakan raket badminton asli dan palsu yang dijual dipasaran.

Cara Membedakan Raket Badminton Original dan KW

1. Cek Kode Produksi

Cara untuk membedakan raket original dan kw yang pertama adalah mengecek nomor produksinya. Beberapa merek besar seperti Yonex, Lining, dan Victor diketahui memiliki nomor produksi yang berada di tutup atau cap raket. Semua raket asli pasti memiliki kode produksi yang diukir laser pada tutup pegangan dan bukan memakai cat.

Setiap raket memiliki kode sendiri yang ditampilkan di bagian bawah shaft dan merupakan merupakan kode eksklusif dari masing-masing raket

2. Logo Merek

Logo merek raket juga dapat menjadi indikasi palsu atau aslinya raket tersebut. Misalnya pada merek Yonex, logo raket dicetak jelas. Sementara pada produk palsu, huruf O biasanya tampak lebih lebar atau bulat. Logo merek palsu biasanya juga memakai spasi yang lebih besar.

3. Stiker Hologram

Keaslian raket juga dapat dikenali melalui stiker hologram yang ditempel pada raket. Biasanya stiker hologram pada raket asli akan sulit dilepas karena memakai lem khusus.

4. Cek Tutup Pangkal

Berikutnya, cek tutup pangkal raket biasanya terdapat logo merek. Sebagai contoh, raket Lining asli akan terdapat logo Lining timbul atau 3D. Untuk raket Lining seharga Rp500 ribu ke bawah, logo lining berwarna merah dengan latar silver. Sementara raket Lining seharga Rp500 ribu ke atas, logo berwarna emas dengan latar hitam. Pada raket Yonex biasanya juga demikian, namun Yonex lebih mudah dikenali melalui warnanya yang sangat mudah dibandingkan mana yang asli dan yang bukan. Jika asli, warnanya tidak terlalu terang atau tidak terlalu gelap.

5. Cek Barcode

Raket asli selalu dilengkapi dengan barcode tersembunyi yang diletakkan di bawah pegangan. Barcode tersebut menunjukkan kode model raket, berat, dan ukuran pegangan. Barcode tersebut dapat menjadi salah satu indikator keaslian raket.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda