Amanah Jokowi ke Zainudin Amali: Sepak Bolanya Pak!

Reynaldi Hermawan ยท Rabu, 23 Oktober 2019 - 13:47 WIB
Amanah Jokowi ke Zainudin Amali: Sepak Bolanya Pak!

Zainudin Amali (Foto: ANTARA)

JAKARTA, iNews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dalam Kabinet Indonesia Maju 2019-2024, Rabu (23/10/2019). Jokowi meminta politisi Partai Golkar itu untuk fokus membenahi sepak bola Tanah Air.

Pengumuman tersebut diucapkan orang nomor satu Indonesia itu di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Kini, dia akan mengemban tugas menggantikan peran politisi PKB Imam Nahrawi. Mendengar amanah dari Jokowi, Zainudin hanya mengangguk dan tersenyum.

“Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. Sepak bolanya, pak!,” kata Jokowi.

Sepak bola Indonesia memang tengah menjadi sorotan lantaran prestasi Timnas Indonesia yang tak kunjung hadir. Pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, tim besutan Simon McMenemy itu selalu kalah dari empat laga.

Tak sampai di situ, banyaknya pengaturan skor yang terjadi di ajang Liga Indonesia yang membuat nama sepak bola tercoreng. Untuk itu, Jokowi meminta kepada semua menteri anyarnya termasuk Zainudin untuk bekerja cepat menyelesaikan persoalan yang ada.

“Kita harus kerja keras, cepat dan produktif. Jangan terjebak rutinitas monoton. Semua harus serius dalam bekerja. Saya pastikan yang tidak serius, bisa dicopot di tengah jalan,” ujar mantan Wali Kota Solo itu.

Tentu, tugas Zainal tak hanya semata mengurusi sepak bola. Masih banyak agenda olahraga yang butuh perhatian khusus selama lima tahun ke depan. Salah satu yang terdekat yakni SEA Games 2019 dan Olimpiade 2020.

Tak hanya itu, Indonesia juga berkesempatan menjadi salah satu negera penyelenggara ajang Internasional seperti Formula E yang bakal digelar 6 Juni, tahun depan, di Jakarta dan MotoGP 2021 di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Editor : Abdul Haris