Berkat Saran Ibunda, Michael Jordan Kantongi Rp18 Triliun dari Nike

Reynaldi Hermawan ยท Kamis, 14 Mei 2020 - 16:30 WIB
Berkat Saran Ibunda, Michael Jordan Kantongi Rp18 Triliun dari Nike

Michael Jordan saat bermain untuk Chicago Bulls (Foto: NBA)

CHICAGO, iNews.id – Sosok Deloris sangat berjasa dalam karier Michael Jordan. Berkat dukungan sang ibunda, Jordan kini dianggap sebagai salah satu pebasket terbaik sejagad raya.

Tak cuma itu, Deloris juga berperan ketika Jordan menandatangani kontrak dengan aparel olahraga asal Amerika Serikat, Nike. Dari kerja sama tersebut, Jordan berhak mengantongi pendapatan hingga triliunan rupiah.

Kisah bermula pada 1984, ketika Jordan mengawali karier basket profesionalnya dengan Chicago Bulls di usia 21 tahun. Kala itu Jordan sebenarnya ingin menandatangani kerja sama dengan Adidas, kompetitor Nike. Namun sang ibu melarang ide tersebut.

Hal ini dikisahkan Jordan dalam episode kelima serial dokumenter The Last Dance. Deloris menyarankan anaknya untuk mendengarkan tawaran Nike.

“Ibu saya berkata, ‘Kamu harus pergi dan mendengarkan tawaran mereka (Nike). Kamu mungkin tidak suka. Tapi kamu harus mendengarkannya dulu’,” kata Jordan dikutip dari The Sun.

“Dia membuat saya naik ke pesawat itu dan pergi mendengarkan,” ujarnya.

Michael Jordan Deloris Jordan

Nike kemudian menyodorkan kontrak kerja sama berdurasi lima tahun senilai 400.000 poundsterling. Mereka juga menciptakan sepatu khusus 'Air Jordan' yang hingga kini masih laris di pasaran.

Selain Deloris, keputusan Jordan bekerja sama dengan Nike juga didukung penuh oleh sang ayah. Dia akan kecewa jika Jordan menerima tawaran pihak lain.

“Anda akan jadi orang yang bodoh jika tidak menerima kesepakatan itu. Ini kesepakatan terbaik,” ujar Jordan meniru perkataan ayahnya.

Awalnya, Nike hanya mengharapkan keuntungan 2,4 juta poundsterling selama tiga tahun pertama. Tapi yang terjadi melebihi dugaan mereka. Nike justru meraup keuntungan 100 juta poundsterling hanya dari penjualan di tahun perdana.

“Ini kesepakatan endorsement atlet tersukses. Jordan mengubah Nike dari produk underdog menjadi salah satu merek konsumen terbesar dan paling berharga di dunia saat ini,” tulis Majalah Bisnis AS, Forbes.

Lalu bagaimana dengan Jordan? Pria yang kini berusia 57 tahun itu kabarnya sudah meraup 1 miliar poundsterling (Rp18,1 triliun).

Editor : Bagusthira Evan Pratama