MotoGP

Diskors Akibat Gagal Tes Doping, Andrea Iannone Tetap Tenang

Reynaldi Hermawan ยท Rabu, 18 Desember 2019 - 18:14:00 WIB
Diskors Akibat Gagal Tes Doping, Andrea Iannone Tetap Tenang
Pembalap Aprilia Racing Andrea Iannone. (Foto: AFP)

SEPANG, iNews.id – Pembalap MotoGP Aprilia Racing Andrea Iannone diskors Federasi Motor Balap Internasional (FIM) akibat gagal tes doping. Tapi, pria Italia itu tetap tenang mendengar kabar tersebut.

FIM mendapat laporan dari Agen Anti-Doping Dunia (WADA) kalau ada substansi non-spesifik pada sampel urin Iannone yang diambil di Sepang, Malaysia, 3 November lalu. WADA melakukan penelitian di Laboratorium Kreischa Bei Dresden, Jerman.

Dalam urin Iannone terdapat kandungan zat exogenous anabolic-androgenic steroid, yang dilarang FIM. Imbasnya, pembalap berusia 30 tahun itu diskors sampai waktu yang belum ditentukan.

Iannone diizinkan mengajukan banding serta menghadiri analisa sampel B urinnya. Hingga kini, dia belum mendapatkan pemberitahuan resmi dari FIM terkait hal tersebut. Tapi, pembalap yang dijuluki The Maniac itu yakin dirinya tidak bersalah.

“Saya benar-benar relaks. Saya mengembalikan masalah ini kepada para penggemar dan Aprilia Racing. Saya sangat terbuka untuk analisis tandingan dalam kasus yang mengejutkan ini,” kata Iannone di akun Instagram.

“Saya belum menerima pemberitahuan resmi apa pun mengenai masalah ini. Tapi saya memastikan sudah melakukan tes doping secara berkelanjutan selama bertahun-tahun dan hasilnya selalu negatif. Itu mengapa saya masih berpikir positif melihat masalah ini,” ujarnya.

Iannone bukan pembalap pertama yang tersandung masalah doping. Sebelumnya, Anthony West pernah merasakan hal serupa ketika mentas di Moto2 edisi 2012. Kala itu, West diskors dari dunia balap selama sebulan.

Aprilia Racing mengikat Iannone dengan kontrak hingga akhir 2020. Dengan demikian, pabrikan asal Negeri Pizza itu harus mencari rider pengganti jika sang pembalap absen. Mantan penunggang Yamaha Tech 3 Bradley Smith disebut-sebut sebagai kandidat pengganti Iannone

Editor : Haryo Jati Waseso

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda