F1 Kembali Tunda Balapan, GP Monako Dibatalkan untuk Pertama Kali sejak 1954

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Jumat, 20 Maret 2020 - 05:45 WIB
F1 Kembali Tunda Balapan, GP Monako Dibatalkan untuk Pertama Kali sejak 1954

Grand Prix F1 kembali harus memundurkanjadwal awal musim 2020. (Foto: Sky Sports)

PARIS, iNews.id – Federasi Balap Mobil Duna (FIA) resmi menunda lebih jauh balapan pertama Formula 1 (F1) 2020. Kini, giliran Grand Prix (GP) Belanda, Spanyol dan Monako yang tak bisa digelar sesuai jadwal.

Ketiga balapan rencananya bakal diadakan pada bulan Mei mendatang. Karena kondisi yang tak juga kondusif, status GP Belanda dan Spanyol sekarang sudah resmi ditunda.

Awalnya GP Monako juga ditunda, namun akhirnya dibatalkan karena beberapa pertimbangan. Dengan begitu, GP Monako absen sebagai tuan tumah F1 untuk pertama kali, sejak 1954.

“Pihak F1, FIA dan tiga promotor terkait telah mengambil keputusan. Hal ini diambil demi kesehatan dan keamanan para staf, partisipan dan penggemar, yang menjadi perhatian utama kami,” bunyi pernyataan di laman resmi F1.

Keputusan itu menyusul sejumlah penundaan yang sebelumnya sudah dilakukan. Balapan pertama di GP Australia dibatalkan beberapa saat sebelum latihan bebas dimulai.

Sementara GP Bahrain, China dan Vietnam juga harus ditunda karena ancaman virus korona. Dengan begitu, balapan F1 pun bakal bisa berlangsung pada GP Baku di Azerbaijan, Juni mendatang.

Dengan kepastian ini, pihak F1 pun meniadakan libur musim panas yang berlangsung pada Agustus mendatang. Tim F1 kini diwajibkan meliburkan aktivitas selama wabah virus korona, sebagai pengganti libur musim panas.

Langkah itu juga menyusul keputusan salah satu tim, Scuderia Ferrari, yang menghentikan segala macam aktivitas, baik yang berkaitan dengan F1 atau tidak. Apalagi mereka bermarkas di Italia yang merupakan salah satu negara mengalami dampak terbesar virus korona.

Editor : Abdul Haris