Fantastis, Sepatu Jadul Michael Jordan Laku Rp8,3 Miliar

Reynaldi Hermawan ยท Selasa, 19 Mei 2020 - 08:12 WIB
Fantastis, Sepatu Jadul Michael Jordan Laku Rp8,3 Miliar

Nike Air Jordan 1, sepatu yang pernah dipakai legendaris NBA Michael Jordan. (Foto: Guardian)

CHICAGO, iNews.id – Legendaris NBA Michael Jordan memang memiliki daya tarik luar biasa bagi para penggemarnya. Sepatu jaman dulu (jadul) miliknya yakni Nike Air Jordan 1 laku dilelang dengan harga miliaran rupiah.

Sepatu bersejarah itu dipakai Jordan saat masih berseragam Chicago Bulls pada 1985 silam. Sepatu dirancang khusus Nike dengan menampilkan perpaduan warna merah, putih dan hitam.

Bukan hanya warna yang elegan, ada tanda tangan Jordan terukir di sepatu tersebut. Uniknya lagi, sepasang alas kaki itu tidak memiliki ukuran yang sama. Sepatu kanan berukuran 13 sementara yang kiri 13,5.

Dikutip The Guardian, lelang dilakukan secara online oleh badan bernama Sotheby. Mereka mendapatkan sepatu itu dari seorang kolektor bernama Jordan Geller yang punya museum sneakers di Las Vegas. Lelang bertujuan memperingati hari ulang tahun ke-35 merek Air Jordan.

Awalnya Sotheby memprediksi sepatu Air Jordan bakal laku dengan harga 100.000 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp1,4 miliar hingga 150.000 dolar AS (Rp2,2 miliar). Namun nyatanya, sepatu tersebut terjual dengan harga 560.000 dolar AS (Rp8,3 miliar) setelah lelang dibuka 10 hari dan ditutup, Minggu (17/5/2020).

“Kami melihat penawaran luar biasa jelang lelang ditutup. Ada penawaran lebih dari dua kali lipat pada jam-jam terakhir. Ada penawaran yang kuat dari enam negara di empat benua,” kata perwakilan dari Sotheby, Brahm Wachter.

“Ini menunjukkan, Jordan memiliki daya tarik luar biasa sebagai salah satu atlet yang paling dikenal dan legendaris sepanjang masa. Tetapi lebih dari itu, sneaker saat ini benar-benar digandrungi di pasar global,” ujarnya.

Jumlah fantastis penjualan Air Jordan 1 kini tercatat di buku rekor dunia. Sebelumnya rekor tersebut dipegang sneaker Nike Waffle Racing Flat alias Moon Shoes yang laku 437.500 (Rp6,5 miliar). Sepatu tersebut dirancang khusus untuk memperingati Olimpiade 1972.

Editor : Abdul Haris