Ini Kelebihan Tontowi Ahmad di Mata Liliyana Natsir

Bagusthira Evan Pratama ยท Kamis, 21 Mei 2020 - 19:00 WIB
Ini Kelebihan Tontowi Ahmad di Mata Liliyana Natsir

Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Foto: iNews.id/Bagusthira Evan Pratama)

JAKARTA, iNews.id - Liliyana Natsir mengenang masa-masa kejayaannya bersama Tontowi Ahmad. Atlet yang akrab disapa Butet mengaku bangga pernah dipasangkan dengan pemain seperti Tontowi.

Dalam kariernya, ganda campuran yang pernah menyandang ranking satu dunia tersebut sukses meraih banyak prestasi. Beberapa di antaranya adalah juara All England, BWF World Championships, serta Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Sederet prestasi tersebut tak lepas dari chemistry kuat antara keduanya. Butet menilai rekannya penyabar dan pengertian.

"Owi (Tontowi) itu sabar. Mungkin selama pasangan sama dia, saya tempramental tapi dalam arti positif. Saya tidak mau kalah. Saya terbawa suasana kalau (pukulan) dia nyangkut atau apa. Saya menunjukkan ekspresi kecewa," kata Butet dalam rilis PBSI.

"Nah Owi selama ini bisa sabar, dia sudah paham, Cik Butet enggak maksud kayak gitu. Spontan saja karena sama-sama ingin menang. Mungkin enggak semua atlet dan partner bisa seperti Owi yang bisa nyesuain dengan keadaan," tuturnya.

Sifat tersebut yang membuat Owi jadi tahan banting. Menurut Butet, hal itu penting dimiliki atlet agar mentalnya tidak rapuh ketika bertanding.

"Owi itu di luar lapangan cuek dan enggak pernah mengeluh, padahal latihan dia berat banget. Tapi dia jalani dengan komitmen," ucapnya.

"Saya ingat dia sampai bela-belain tidak pulang ke rumah dan tinggal di asrama demi jaga kondisi dan fokus ke olimpiade," ujar Butet.

Kini keduanya sudah resmi pensiun. Butet gantung raket pada awal 2019 lalu. Sedangkan Owi menyusulnya pada Senin (18/5/2020).

Editor : Bagusthira Evan Pratama