Tontowi Ahmad Pensiun, Taufik Hidayat 'Sentil' PBSI

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Kamis, 21 Mei 2020 - 12:43 WIB
Tontowi Ahmad Pensiun, Taufik Hidayat 'Sentil' PBSI

Mantan pebulutangkis Indonesia, Taufik Hidayat (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Keputusan Tontowi Ahmad gantung raket memancing perhatian Taufik Hidayat. Dia menyindir PBSI karena menganggap Tontowi sebagai atlet magang.

Menurut Taufik, PBSI tidak menghargai jasa-jasa pebulutangkis asal Banyumas tersebut. Padahal Owi sudah mengharumkan nama bangsa lewat berbagai gelar juara, salah satunya dia sukses meraih medali emas di Olimpiade 2016 lalu.

"Sang juara dan harus keluar dari dunia bulutangkis. Mix double olympic champ satu-satunya di Indonesia ini harus keluar dari pelatnas dengan status magang? Apa kabar atlet yang tidak punya gelar kayak Owix ya?" tulis Taufik dalam kolom komentar di postingan Instagram tontowiahmad_.

"Sabar-sabar ya Owix, memang risiko jadi atlet begitu. Semangat terus ya. Semua orang tahu bahwa lu olympic champion tapi gak dihargain. Yang penting lu jadi kebanggaan bangsa ini lewat bulutangkis," ujarnya.

Sejak rekan duetnya, Liliyana Natsir pensiun pada 2019 lalu, Owi dipasangkan dengan Winny Oktavina Kandow. Mereka punya target untuk mengamankan jatah tampil di Olimpiade Tokyo 2020.

Namun sayang, pasangan ini belum bisa lolos. Selanjutnya Winny dipasangkan kembali dengan partner sebelumnya yaitu Akbar Bintang Cahyono.

PBSI kemudian memberikan SK Magang kepada Owi sebab dia belum memiliki target serta pasangan main. Hal itulah yang membuat Owi memutuskan pensiun.

"Status saya di pelatnas sebagai pemain magang juga menjadi alasan. Saya sudah tidak muda lagi dan sudah waktunya saya keluar dari pelatnas. Saya sudah mendapatkan medali emas Olimpiade, yang merupakan prestasi tertinggi untuk semua atlet," tulis Owi dalam rilis resmi, Senin (18/5/2020) lalu.

Editor : Bagusthira Evan Pratama