MotoGP 2020 Tak Bisa Digelar Jika Vaksin Corona Belum Ditemukan

Bagusthira Evan Pratama ยท Selasa, 07 April 2020 - 15:30 WIB
MotoGP 2020 Tak Bisa Digelar Jika Vaksin Corona Belum Ditemukan

MotoGP Qatar 2020 resmi dibatalkan (Foto: Crash)

MADRID, iNews.id - MotoGP terancam tak bisa menggelar seluruh perlombaan di musim ini. Hal tersebut diungkapkan Dorna Sports selaku pengelola kompetisi.

Sebelumnya Dorna sudah membatalkan GP Qatar yang seharusnya menjadi seri pertama musim 2020. Setelah itu Dorna menunda balapan di Thailand, Amerika Serikat, Argentina, Spanyol, Prancis, dan Catalunya. Keputusan tersebut diambil karena dunia sedang diselimuti wabah virus corona.

Menurut Carmelo Ezpeleta, balapan bisa berlangsung jika vaksin corona sudah ditemukan. Tanpa vaksin, CEO Dorna tersebut ragu mengadakan balapan MotoGP musim 2020.

"Menurut saya kita harus memiliki vaksin untuk menghentikan penyebaran virus. Tanpa vaksin, akan sangat sulit atau bahkan tidak mungkin mengatur jadwal grand prix dan peristiwa besar lainnya," kata Ezpeleta pada Speedweek.

"Tak mungkin sekelompok orang dalam jumlah besar menonton sepak bola atau balapan MotoGP. Dengan vaksin sekalipun, kehidupan harus dinormalisasi lagi. Larangan berpergian akan tetap diberlakukan oleh banyak negara," ucapnya.

Saat ini Dorna belum ambil keputusan soal nasib kompetisi musim 2020. Untuk sementara, balapan seri pertama akan tetap digelar di Sirkuit Mugello, Italia, 31 Mei mendatang.

"Saya sebenarnya kurang percaya diri untuk menjalankan musim ini. Bahkan jika kita kerja keras sekalipun. Kami tengah mempertimbangkan semua solusi," tuturnya.

"Ketika situasi force majeure, kami bisa mengurangi jumlah grand prix. Dengan begitu, kami bisa menentukan siapa yang akan menjadi juara dunia. Jika bisa melakukannya, kami akan menggelar balapan, tak peduli jumlahnya. Tapi sekarang semua dipengaruhi situasi (kesehatan) dunia," ujar Ezpeleta.

Editor : Bagusthira Evan Pratama