MotoGP 2020 Tak Kunjung Dimulai, Muncul Wacana Pembekuan Regulasi Motor

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Sabtu, 28 Maret 2020 - 05:00 WIB
MotoGP 2020 Tak Kunjung Dimulai, Muncul Wacana Pembekuan Regulasi Motor

MotoGP 2020 tak kunjung dimulai. Kondisi ini membuat frustrasi sejumlah pabrikan. (Foto: MotoGP)

MADRID, iNews.id MotoGP 2020 terus mengalami penundaan akibat pandemi virus corona (COVID-19). Imbasnya, jeda kompetisi dengan tahun depan jadi semakin singkat. Keadaan itu membuat muncul wacana untuk menggunakan motor 2020 pada MotoGP 2021.

Seperti dikabarkan Crash, sejumlah tim di MotoGP mengaku gelisah dengan kondisi saat ini. Pasalnya, faktor ekonomi juga ikut terpengaruh akibat virus corona.

Banyaknya balapan yang ditunda menyebabkan kalender MotoGP 2020 berantakan. Operator belum bisa menentukan jadwal baru karena masih harus menunggu keadaan lebih kondusif.

Hingga saat ini, lima balapan pertama gagal diadakan tepat waktu. Dorna selaku operator MotoGP juga menunda jadwal GP Thailand, GP Amerika Serikat, GP Argentina dan GP Spanyol.

Selain itu, Dorna juga meniadakan kelas MotoGP di Sirkuit Losail, Qatar. Balapan di sana hanya melibatkan tim Moto2 dan Moto3. Akibatnya, musim pun berpeluang terus berlanjut hingga November atau bahkan awal Desember.

Padahal, setiap musim seluruh pabrikan MotoGP harus mengeluarkan dana besar dan waktu tidak sedikit mengembangkan motor. Jeda dengan musim 2021 pun terbilang sangat singkat, karena pabrikan hanya punya dua bulan.

Belum lagi sejumlah tim satelit yang harus mengumpulkan dana untuk membeli atau menyewa motor dari setiap pabrikan. Padahal, pemasukan tim satelit pada musim ini juga sangat terbatas, akibat balapan yang gagal berlangsung.

Oleh sebab itu, muncul rencana untuk membekukan regulasi motor 2020 dan digunakan di musim berikutnya. Dengan begitu, diharapkan seluruh pabrikan tidak perlu terburu-buru dalam mengembangkan motor, dan tim satelit bisa mendapatkan motor lebih baik pada tahun depan.

Editor : Abdul Haris