Naomi Osaka dan Coco Gauff Ikut Suarakan Protes Kematian George Floyd

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Senin, 01 Juni 2020 - 13:57 WIB
Naomi Osaka dan Coco Gauff Ikut Suarakan Protes Kematian George Floyd

Dua petenis wanita Naomi Osaka (kanan) dan Coco Gauff ikut memprotes kasus rasisme yang menimpa George Floyd. (Foto: The Sun)

LOS ANGELES, iNews.id – Dua petenis wanita Naomi Osaka dan Coco Gauff ikut memprotes kasus rasisme yang menimpa George Floyd. Apalagi Osaka termasuk golongan minoritas yang kerap mendapat diskriminasi.

Saat ini, Amerika Serikat (AS) tengah digemparkan kasus rasisme yang berujung dengan kematian Floyd, pria berkulit hitam yang tewas di tangan polisi berkulit putih di Minneapolis, Negara Bagian Minnesota, AS, Senin (25/5/2020) lalu.

Sebagai orang Asia keturunan kulit hitam dan tinggal di AS, Osaka merasa sudah seharusnya untuk ikut bersuara. Petenis peringkat dua dunia itu pun menggunakan Instagram dan Twitter untuk menyuarakan protesnya. Apalagi dia mulai merasa banyak yang meninggalkan budaya kulit hitam, sejak kejadian itu.

“Hanya karena Anda tidak mengalaminya, bukan berarti tak terjadi sama sekali. Cukup lucu ketika orang yang biasanya ingin mengenakan kalung rantai, menyalakan lagu hip-hop dan berbicara menggunakan slang, mendadak diam,” cuit Osaka di akun Twitter miliknya.

Sejumlah reaksi dan komentar pun muncul di akun media sosial milik atlet putri berpendapatan terbesar dalam setahun itu. Banyak yang menuduh Osaka sebagai bagian dari oknum yang memanfaatkan protes.

Namun, Osaka dengan tegas mempertanyakan balik maksud tuduhan yang diberkan kepadanya. “Apa yang Anda maksud dengan kalian semua? Saya butuh klarifikasi,” ucapnya.

Tidak hanya Osaka, petenis putri berkulit hitam lainnya, Coco Gauff juga ikut menyalurkan protes. Namun, kali ini dia menggunakan TikTok, demi memerangi rasisme.

“Ini adalah alasan saya menggunakan suara untuk memerangi rasisme. Apakah saya korban berikutnya,” tutur Gauff.

Editor : Abdul Haris