Rafael Nadal Pastikan Absen pada Grand Slam AS Terbuka

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Rabu, 05 Agustus 2020 - 17:25:00 WIB
Rafael Nadal Pastikan Absen pada Grand Slam AS Terbuka
Rafael Nadal. (Foto: ATP Tour)

MADRID, iNews.id – Petenis Spanyol Rafael Nadal memastikan dirinya tidak akan mengikuti Amerika Serikat (AS) Terbuka 2020. Dia merasa kondisinya masih belum aman untuk bepergian.

AS Terbuka merupakan salah satu turnamen yang mengalami penundaan akibat pandemi Covid-19. Turnamen Grand Slam itu direncanakan mulai 31 Agustus mendatang.

Meski begitu, bukan hanya Nadal yang absen. Sejumlah petenis papan atas pun dikabarkan mempertimbangkan untuk tidak tampil di ajang tersebut. Mereka merasa jadwal AS Terbuka terlalu dipaksakan dan jaraknya sangat dekat dengan Prancis Terbuka.

Padahal, Prancis Terbuka rencananya berlangsung pada 20 September mendatang. Akan berat bagi petenis untuk mengikuti dua turnamen Grand Slam secara beruntun.

Nadal keberatan karena merasa kondisi pandemi Covid-19 masih belum bisa dikendalikan, sehingga tidak tepat jika harus ikut AS Terbuka. Dengan begitu, dia tidak akan bisa mempertahankan gelar yang diraihnya tahun lalu.

“Setelah memikirkannya, saya memutuskan untuk tidak bermain di AS Terbuka. Situasinya sangat rumit di seluruh dunia dan kasus Covid-19 meningkat,” kata Nadal di akun Twitter miliknya, Rabu (5/8/2020).

“Sepertinya kami masih belum bisa mengendalikannya. Saya tidak pernah menginginkan keputusan ini. Namun, saya memilih untuk mengikuti kata hati dan memutuskan tidak bepergian,” ujarnya.

Sebagai gantinya, Nadal bakal mengikuti Madrid Terbuka yang dimulai pada 14 September mendatang. Dia mempersiapkan diri mengikuti turnamen itu sebelum langsung ke Paris.

Editor : Abdul Haris