Sejarah Asian Games, Multievent Terbesar Asia yang Sempat Diganggu Perang

Andhika Khoirul Huda ยท Rabu, 25 Mei 2022 - 23:00:00 WIB
Sejarah Asian Games, Multievent Terbesar Asia yang Sempat Diganggu Perang
Sejarah Asian Games menarik untuk diulas. Ini merupakan multievent olahraga terbesar Asia yang sempat disetop karena perang.

JAKARTA, iNews.id - Sejarah Asian Games menarik untuk diulas. Ini merupakan multievent olahraga terbesar Asia yang sempat disetop karena perang.

Asian Games pada mulanya merupakan pagelaran olahraga di wilayah Asia Kecil. Saat itu kejuaraan tersebut bernama Far Eastern Championship Games dan ditujukan sebagai lambang kesatuan dan kerja sama antara tiga negara, yakni Kerajaan Jepang, Kepulauan Filipina dan Republik Tiongkok.

Far Eastern Championship Games pertama kali diselenggarakan di Manila, Filipina, pada 1913. Lalu, beberapa negara Asia lainnya ikut berpastisipasi setelah edisi perdana tersebut digelar.

Akan tetapi, pada 1938 Far Eastern Championship Games dihentikan penyelenggaraannya. Pasalnya, saat itu Jepang menyerbu Tiongkok dan aneksasi terhadap Filipina yang menjadi pemicu meluasnya Perang Dunia II ke wilayah Pasifik.

Selepas Perang Dunia II, beberapa negara di Asia menyatakan merdeka dari jajahan negara lain. Negara-negara yang baru terbentuk itu pun ingin mengadakan sebuah kompetisi olahraga baru yang tidak menampilkan kekuasaan Asia dengan kekerasan, melainkan diperkuat dengan rasa saling pengertian.

Editor : Reynaldi Hermawan

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: