Sejarah Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis, Ajang Pemanasan Sebelum Olimpiade

Ajeng Wirachmi ยท Senin, 22 Agustus 2022 - 14:43:00 WIB
Sejarah Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis, Ajang Pemanasan Sebelum Olimpiade
Sejarah Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis menarik untuk diulas. Awalnya ajang ini digelar sebagai pemanasan jelang Olimpiade. (Foto: Badminton England)

TOKYO, iNews.id - Sejarah Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis menarik untuk diulas. Awalnya ajang ini digelar sebagai pemanasan jelang Olimpiade.

Sebelum bernama BWF, organisasi dunia bulu tangkis memiliki nama IBF atau International Badminton Federation yang berdiri di tahun 1934. Hanya ada 9 negara yang masuk dalam organisasi olahraga ini, yakni Wales, Skotlandia, Kanada, Selandia Baru, Inggris, Denmark, Prancis, Belanda, dan Irlandia.

Hingga akhirnya, nama IBF berubah menjadi BWF usai dilakukannya pertemuan umum luar biasa di Madrid, Spanyol, pada 24 September 2006. Melansir laman resmi BWF, kejuaraan dunia BWF dimulai sejak tahun 1977.

Kejuaraan ini digunakan sebagai ajang uji coba atlet bulu tangkis dari berbagai dunia, sebelum berlaga di Olimpiade. IBF mengharuskan anggota asosiasi untuk mengirimkan maksimal 4 pemain pada nomor tunggal dan ganda campuran, serta maksimal 2 pasangan untuk ganda putra dan putri.

Apabila jumlah pemain yang mendaftar melebihi 64 pada tiap nomor, akan diadakan babak kualifikasi, kurang lebih 1 minggu sebelum dimulainya pengundian pemain yang berlaga di babak utama. Dengan kata lain, kejuaraan ini menggunakan sistem gugur.

Beberapa tahun setelahnya, IBF mengusung sistem peringkat dunia. Hal ini tentunya memudahkan, lantaran menjadi dasar dalam menentukan pemain yang bisa berlaga di kejuaraan dunia ini.

Editor : Reynaldi Hermawan

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda