Startingblock Stadion Olimpiade Tokyo 2020 Beda, Lalu Muhammad Zohri Makin Semangat

Aldy Putra ยท Kamis, 29 Juli 2021 - 15:54:00 WIB
Startingblock Stadion Olimpiade Tokyo 2020 Beda, Lalu Muhammad Zohri Makin Semangat
Sprinter muda Indonesia, Lalu Muhammad Zohri.

TOKYO, iNews.id - Ada rintangan yang mesti dihadapi sprinter muda Indonesia Lalu Muhammad Zohri di Olimpiade Tokyo 2020. Zohri yang unjuk gigi di cabang olahraga lari jarak pendek mesti berpijak di startblock yang bentuknya berbeda dari yang pernah ia pakai.

Zohri yang menyandang Juara Dunia Atletik U-20 2018 di Finlandia sebelumnya sudah melakukan persiapan baik kondisi maupun mengetes uji kecepatan. Kini yang menjadi sorotan pemuda asal Lombok adalah dia harus lekas beradaptasi dengan startblock yang dipakai di Olimpiade 2020.

Ketika menjalani sesi latihan, Zohri menjelaskan startblock di Tokyo berbeda bentuknya dengan yang biasa digunakan saat pelatihan di Indonesia. Meski begitu, Zohri tak menganggap itu sebagai kendala.

"Saya pernah lomba dengan startingblock seperti ini baru satu kali. Ini justru membuat semangat, seperti tantangan," tutur Zohri seperti keterangan pers yang diterima iNews.id, Kamis (29/7/2021).

Pada Mei lalu, Zohri sempat menjajal Olympic Stadium saat turun di test event Olimpiade Tokyo. Namun, dia hanya bisa menempati posisi tujuh dengan catatan waktu 10,45 detik di final. Torehan tersebut lebih lambat dibandingkan saat dirinya turun di babak pertama dengan 10,34 detik.

Kali ini, Zohri menargetkan diri menjadi sprinter pertama Indonesia yang berlari di bawah 10 detik. Sebagai informasi, catatan waktu terbaik Zohri adalah 10,03 detik yang diciptakan di seri Golden Grand Prix Osaka 2019. Prestasi itu sekaligus meloloskan dirinya ke Olimpiade musim panas edisi ke-32 ini.

“Kondisi saya saat ini sehat dan bugar. Kondisi lutut juga tidak ada masalah,” terang Zohri yang sumpat naik meja operasi lantaran cedera lutut pada November 2020.

Pada April 2021, Zohri kembali hadir di trek atletik. Latihan ringan dilakoninya. Kondisi Zohri terlihat tengah bugar sehingga bukan tidak mungkin bisa menembus semifinal.

Pada Olimpiade Tokyo 2020 kali ini, Zohri akan tampil di nomor 100 meter putra pada Sabtu (31/7/2021). Sementara wakil Indonesia lainnya yakni Alvin Tehupeiory dijadwalkan tampil pada nomor 100 meter putri pada Jumat (30/7/2021).

Editor : Dimas Wahyu Indrajaya