Tontowi Ahmad Sudah Lama Rencanakan Pensiun

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Selasa, 19 Mei 2020 - 16:30:00 WIB
Tontowi Ahmad Sudah Lama Rencanakan Pensiun
Tontowi Ahmad resmi pensiun (Foto: BWF)

JAKARTA, iNews.id - Tontowi Ahmad resmi pensiun. Hal tersebut dia ungkapkan lewat akun Instagramnya, Senin (18/5/2020).

Keinginan gantung raket sebenarnya sudah dipikirkan Owi sejak cukup lama. Bahkan setelah rekan duetnya, Liliyana Natsir pensiun, Owi berpikir untuk melakukan langkah serupa.

Namun PBSI masih punya rencana buat atlet kelahiran Banyumas tersebut. Dia dipasangkan dengan Winny Oktavina Kandow untuk mengikuti sejumlah kejuaraan.

Sayang, duet ini belum bisa menghadirkan prestasi. Owi akhirnya mantap untuk pensiun dan hal tersebut telah dibicarakan lebih dulu kepada pelatihnya di sektor ganda campuran, Richard Mainaky.

“Ngobrolnya sudah cukup lama, sebulan atau dua bulan lalu. Setelah Butet mundur pun, Owi sudah bicara juga bagaimana baiknya untuk dia. Waktu itu saya bilang 'kalau kamu masih mau, ayo kita coba sama pemain muda'. Lalu dicoba sama Winny,” kata Richard dalam rilis PBSI.

“Sebenarnya hasil mereka tidak jelek. Belum setahun, mereka sudah masuk peringkat 16 besar dunia. Saya bilang sama Owi, kalau mau nanjak lagi prestasinya sama Winny, maka latihannya enggak bisa lagi seperti dulu, tapi bahkan harus lebih dari yang dulu,” ujarnya.

Meski disayangkan, Richard tetap menghormati keputusan Owi. Dia mengharapkan yang terbaik untuk masa depan mantan anak didiknya.

“Owi sudah coba. Dulu dia di latihan sudah sangat luar biasa, menurut saya komplit, dia ikuti semua program latihan yang diberikan. Tapi waktu itu dia didukung sama seorang Butet (Liliyana) yang punya pengalaman, skill tinggi, sekarang dia harus meng-cover pemain muda yang belum punya pengalaman sama sekali, masih butuh jam terbang,” tutur Richard.


Editor : Bagusthira Evan Pratama