4 Raksasa Bundesliga Sumbang Rp350 Miliar untuk Bantu Keuangan Klub Lain

Reynaldi Hermawan ยท Jumat, 27 Maret 2020 - 06:59 WIB
4 Raksasa Bundesliga Sumbang Rp350 Miliar untuk Bantu Keuangan Klub Lain

Empat raksasa Bundesliga bantu keuangan klub-klub lain. (Foto: CBS)

MUNICH, iNews.id – Aksi terpuji dilakukan empat raksasa Bundesliga, Bayern Muenchen, Borussia Dortmund, RB Leipzig, dan Bayer Leverkusen. Mereka mengumpulkan dana untuk disumbangkan kepada klub-klub Bundesliga 1 dan 2 yang mengalami kendala keuangan.

Kompetisi yang terhenti akibat virus corona memberi pengaruh besar terhadap keuangan sejumlah kontestan. Mereka tak lagi mendapat pemasukan, namun harus tetap mengeluarkan uang untuk membayar gaji pemainnya.

Melihat fakta tersebut, Bayern, Dortmund, Leipzig, dan Leverkusen berinisiatif menyumbang dana 20 juta euro atau setara Rp350 miliar. Uang tersebut diambil dari kas masing-masing klub.

“Kampanye ini menggarisbawahi solidaritas di Bundesliga 1 dan 2. DFL selaku operator liga sangat berterima kasih kepada empat peserta Liga Champions dalam hal kepeduliannya dengan klub lain,” kata juru bicara DFL, Christian Seifert mengutip AS.

Di sisi lain CEO Bayern, Karl Heinz Rummenigge bersyukur bisa mengulurkan tangan kepada klub yang membutuhkan bantuan. Menurut dia, sepak bola memang harus jadi simbol persatuan, apalagi di tengah situasi sulit seperti ini.

“Bersama dengan tiga peserta Liga Champions lainnya, kami ingin mengirimkan sinyal solidaritas kepada semua klub di Bundesliga 1 dan 2,” ujar Rummenigge.

“Dalam masa-masa sulit ini, akan sangat penting jika bahu yang lebih kuat mendukung yang lemah. Dengan ini, kami juga ingin menunjukkan kalau sepak bola merupakan lambang kebersamaan,” ucapnya.


Editor : Bagusthira Evan Pratama