5 Nominasi Stadion Termegah di ASEAN, Nomor 1 SUGBK

Abdul Haris ยท Senin, 04 Mei 2020 - 13:49 WIB
5 Nominasi Stadion Termegah di ASEAN, Nomor 1 SUGBK

Stadion Utama Gelora Bung Karno masuk satu dari lima nominasi stadion termegah di ASEAN. (Foto: setkab.go.id)

JAKARTA, iNews.id Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, masuk satu dari lima nominasi stadion termegah di Asia Tenggara (ASEAN) versi Federasi Sepak Bola Asia (AFC).

“Asia punya beberapa stadion terbaik di dunia, venue ikonik buat ribuan fans untuk mendukung tim favorit mereka,” tulis AFC di situs resmi mereka.

AFC tak sendirian dalam memilih stadion mana yang paling megah di ASEAN. Mereka juga melibatkan para netizen dalam polling yang bisa dilakukan di https://www.the-afc.com/news/afcsection/great-grounds-of-asia-asean.

Saat berita ini ditulis, SUGBK masih di posisi pertama raihan suara dengan 54 persen, diikuti Stadion Bukit Jalil (24 persen). Berikut, daftar lengkap lima nominasi stadion termegah di ASEAN:

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta, Indonesia)

Stadion Utama Gelora Bung Karno. (Foto: setkab.go.id)

SUGBK terletak di dalam Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno di Senayan, Jakarta Pusat. Venue dibuka pada 1962 untuk pagelaran Asian Games Jakarta. Awalnya, stadion ini berkapasitas 110.000 penonton. Namun setelah dua kali renovasi, kapasitasnya kini menjadi 77.192 single seats.

Stadion ini dibagi menjadi 24 sektor dengan tribune atas dan bawah yang dihiasi atap baja megah yang membentuk cincin besar yang dikenal sebagai temu gelang, atau cincin gabungan. Bukan hanya untuk sepak bola, stadion ini juga dipakai untuk menggelar konser musik serta acara keagamaan dan politik skala besar.

2. Stadion Nasional Bukit Jalil (Kuala Lumpur, Malaysia)

Stadion Nasional Bukit Jalil. (Foto: ytimg.com)

Stadion Nasional Bukit Jalil terletak di Kompleks Olahraga Nasional di sebelah selatan pusat Ibu Kota Malaysia, Kuala Lumpur. Stadion ini diresmikan Perdana Menteri Malaysia keempat Dr Mahathir Mohamad pada 11 Juli 1998 menjelang Pesta Olahraga Persemakmuran 1998.

Sejak itu, stadion berkapasitas 100.000 ini menjadi venue utama untuk acara multiolahraga internasional lainnya seperti Asian Games 2001 dan SEA Games 2017, dan saat ini menjadi tuan rumah sebagian besar pertandingan sepak bola internasional Malaysia, final kompetisi sepak bola tingkat nasional seperti Piala FA Malaysia, Piala Malaysia, acara atletik dan konser musik.

3. Stadion Australia (Sydney, Australia)

Stadion Australia. (Foto: austadiums.com)

Stadion Australia, secara komersial dikenal sebagai ANZ Stadium, merupakan stadion serbaguna yang berlokasi di Sydney Olympic Park, Sydney, Australia. Venue ini terkadang juga disebut sebagai Stadion Olimpiade Sydney, atau Stadion Homebush. Pembangunannya selesai pada Maret 1999 untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Sydney 2000.

Stadion ini menjadi ikon milenium baru dan simbol dari Sydney sebagai kota global. Pada awalnya kapasitasnya 110.000 penonton, namun pada 2003 diturunkan menjadi 82.500 penonton.  Tidak hanya untuk sepak bola, stadion ini juga bisa digunakan untuk rugbi, dan kriket. Stadium Australia menjadi tuan rumah Piala Asia AFC 2015

4. Stadion Nasional Rajamangala (Bangkok, Thailand)

Stadion Rajamangala (Foto: Stadiostadiumguide.com)

Stadion Nasional Rajamangala terletak di dalam Kompleks Olahraga Hua Mak, Bangkok, Thailand. Secara resmi dibuka pada tahun 1998 untuk merayakan ulang tahun Raja Thailand yang ke-60.

Awalnya dibuka dengan kapasitas 80.000, jumlahnya berkurang menjelang Piala Asia AFC 2007. Selain untuk sepak bola, stadion ini digunakan untuk kejuaraan atletik, konser musik hingga kegiatan besar yang lain.

5. Stadion Nasional My Dinh (Hanoi, Vietnam)

Stadion Nasional My Dinh. (Foto: AFC)

Stadion Nasional My Dinh merupakan stadion multiguna di Nam Tu Liem, Hanoi, Vietnam. Stadion ini memiliki kapasitas 40.192 kursi dan merupakan pusat dari Kompleks Olahraga Nasional Vietnam. Secara resmi dibuka pada September 2003 dan merupakan tempat utama untuk Asian Games Tenggara akhir tahun itu.

Atap melengkung menutupi tribune di sisi timur dan barat arena. Area ini menyediakan fasilitas pelatihan bagi tim dengan dua tempat latihan sepak bola yang terletak di sebelah stadion.

Hasil polling sementara. (Foto: AFC)
Hasil polling sementara. (Foto: AFC)

Editor : Abdul Haris