5 Pemain Legendaris Ini Gagal Jadi Pelatih, Nomor 3 Korban Pembantaian di Piala Dunia

Hasyim Ashari ยท Minggu, 19 September 2021 - 12:26:00 WIB
5 Pemain Legendaris Ini Gagal Jadi Pelatih, Nomor 3 Korban Pembantaian di Piala Dunia
Thierry Henry salah satu legendaris sepak bola yang gagal jadi pelatih.

LONDON, iNews.id - Banyak pesepak bola legendaris yang memutuskan jadi pelatih usai gantung sepatu. Sebagian berhasil, tapi tak sedikit yang gagal.

Contoh pemain legendaris yang sukses jadi juru taktik sebut saja seperti Johan Cruyff, Kenny Dalgish, Pep Guardiola, Carlo Ancelotti dan Zinedine Zidane. Mereka sukses membawa klub yang dilatihnya mengukir prestasi.

Sayangnya kesuksesan mereka tak bisa diikuti beberapa legenda lainnya. Setidaknya ada lima pesepak bola top yang gagal jadi pelatih.

Siapa saja mereka? Berikut ulasannya dikutip dari Sportskeeda, Minggu (19/9/2021):

1. Thierry Henry

Thierry Henry. (Foto: AFP)

Thierry Henry salah satu pemain yang terbilang cukup sukses bersama Arsenal. Pemain berkebangsaan Prancis itu menjadi anggota penting The Gunners yang memenangkan gelar Liga Inggris tanpa terkalahkan musim 2003/2004.

Tak lama setelah memutuskan gantung sepatu, Henry didapuk menjadi pelatih tim muda Arsenal. Dia menghabiskan satu setengah tahun bersama The Gunners sebelum menjadi asisten pelatih Roberto Martinez untuk Timnas Belgia di Piala Dunia 2018.

Henry juga pernah ditunjuk sebagai pelatih AS Monaco pada 2018. Namun, Henry dipecat tiga bulan kemudian setelah gagal memberikan hasil yang maksimal. Dia hanya menghasilkan dua kemenangan dari 12 pertandingan liga.

2. Paul Scholes

Paul Scholes ditunjuk jadi caretaker pelatih Salford City. (Foto: ESPN)

Paul Scholes salah satu pemain legendaris Manchester United. Bersama klub berjuluk Setan Merah itu, Scholes sukses membawa pulang 25 trofi.

Tak heran, banyak yang memintanya untuk terjun ke dunia pelatih. Scholes ditunjuk menjadi pelatih Oldham Athletic pada 11 Februari 2011.

Namun, kiprahnya sebagai pelatih tidak sesukses dirinya ketika sebagai pemain. Scholes gagal total dan hanya meraih satu kemenangan dalam tujuh pertandingan.

31 hari kemudian, Scholes mengundurkan diri dari kursi kepelatihan. Scholes pernah menjabat sebagai asisten pelatih sementara di Old Trafford. Tapi racikannya dari dua tugas tersebut tak terbukti berhasil.

Editor : Reynaldi Hermawan

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: