5 Pemain Pernah Main untuk Jurgen Klopp dan Pep Guardiola, Nomor 1 Predator Kotak Penalti

Ibnu Hariyanto · Jumat, 14 Mei 2021 - 21:25:00 WIB
5 Pemain Pernah Main untuk Jurgen Klopp dan Pep Guardiola, Nomor 1 Predator Kotak Penalti
Striker Bayern Munchen Robert Lewandowski. (Foto: REUTERS)

MANCHESTER, iNews.id- Josep Guardiola dan Jurgen Klopp adalah dua pelatih hebat di sepak bola modern saat ini. Keduanya memiliki prestasi yang mentereng selama berkarier sebagai pelatih.

Jika di total kedua pelatih itu memiliki 38 gelar, 29 di antaranya milik Pep Guardiola dan 9 milik Jurgen Klopp. Keduanya juga berbagi masing-masing dua kali memenangkan gelar pelatih terbaik dunia.

Masa kejayaan Guardiola di mulai saat menjadi pelatih Barcelona dari 2008 hingga 2012. Total di Barcelona, Guardiola meraih 14 gelar juara. Kariernya berlanjut di Bayern Munchen tahun 2013 sampai 2016, total tujuh gelar juara dipersembahkan untuk The Bavarian.

Kini Guardiola berkesempatan mengukir sejarah dengan Manchester City. Total dia mempersembahkan delapan gelar dan memiliki potensi treble Eropa pada musim ini.

Sementara itu, Klopp mulai mencuat sebagai pelatih top kala menangani Borussia Dortmund tahun 2008 hingga 2015. Dia mempersembahkan lima gelar juara untuk Dortmund.

Kini semenjak menjadi pelatih Liverpool di tahun 2015, Klopp telah mengukir tinta emas. Klopp membawa The Reds meraih gelar liga pertama sejak 30 tahun puasa gelar Liga Inggris.

Klopp membentuk kembali skuad Liverpool yang biasa-biasa saja menjadi kekuatan di Eropa. Total dia memenangkan empat gelar utama di klub.

Ternyata tak banyak yang tahu, ada sejumlah pemain yang pernah bermain untuk Guardiola dan Klopp di level klub. Sportkeeda pada Jumat (14/5/2021) merilis lima pemain yang pernah ditangani kedua pelatih itu.

Berikut ulasannya:

Gelandang Borussia Dortmund, Mario Gotze (foto: transfermrkt)
Gelandang Borussia Dortmund, Mario Gotze (foto: transfermrkt)

5. Mario Gotze

Mario Gotze merupakan pemain top di awal 2010. Dia memainkan peran penting di Borussia Dortmund saat meruntuhkan dominasi Bayern Munich.

Dortmund saat itu dilatih oleh Jurgen Kloop. Gotze berperan penting dalam kemenangan 2 gelar berturut-turut untuk Dortmund di musim 2010-11 dan 2011-12. Gotze juga berperan membawa Dortmund ke final Liga Champions 2013.

Bersama Dortmund asuhan Jurgen Klopp, Gotze mencetak 31 gol dan 44 assist dalam 116 pertandingan.

Lantas, Gotze kemudian menyebrang ke Bayern Munchen pada 2013 dengan transfer £ 35 juta pada 2013. Namun sayangnya, Gotze tidak berkembang di bawah Pep Guardiola.

Dia kemudian kembali ke Signal Iduna Park setelah tiga musim di klub berseragam Bayern. Selama di Bayern Gotze mencetak 36 gol, 24 assist dalam 114 penampilan.

Editor : Ibnu Hariyanto

Halaman : 1 2 3