5 Remaja Asli Indonesia yang Sempat Menghebohkan Liga Spanyol, Ada Mantan Wonderkid Timnas

Rilo Pambudi ยท Jumat, 19 Agustus 2022 - 18:53:00 WIB
5 Remaja Asli Indonesia yang Sempat Menghebohkan Liga Spanyol, Ada Mantan Wonderkid Timnas
Remaja asli Indonesia yang sempat menghebohkan Liga Spanyol . Arthur Irawan (Foto: Sportstars.id)

JAKARTA, iNews.id - Ada sejumlah remaja asli Indonesia yang sempat menghebohkan Liga Spanyol. Mereka menarik perhatian pencinta sepak bola Tanah Air karena dapat berkiprah di salah satu liga paling bergengsi di dunia.

Bisa tembus berkarier di Eropa mungkin adalah impian besar bagi banyak pesepak bola dunia, khususnya di Liga Spanyol. Maka, tidak heran jika kiprah beberapa pemain asal Indonesia di Spanyol ini dielu-elukan.

Beberapa tahun belakangan, ada sejumlah pemain asal Indonesia yang berhasil menjajaki Negeri Matador. Sebut saja yang terbaru adalah remaja asal Pontianak, Ilham Yudha yang dikontrak oleh tim divisi tiga Liga Spanyol, Deportivo Llosetense.

Kendati demikian, ada sejumlah pemain lagi sebelum Ilham Yuda yang sempat mencicipi Liga Spanyol. Khususnya ketika usia mereka masih terbilang muda atau remaja.

Berikut adalah remaja asli Indonesia yang sempat menghebohkan Liga Spanyol yang dilansir iNews.id, Jumat (19/8/2022).

1. Arthur Irawan

Nama Arthur Irawan merupakan salah satu pemain yang pernah pernah memperkuat tim RCD Espanyol B di tahun 2011 silam. Kala itu, usianya terbilang masih remaja.

Dua musim berselang, ia hengkang dari RCD Espanyol B dan melenggang ke tim Malaga U-19 dengan status bebas transfer. Kiprah Arthur memang tidak begitu gemilang, tapi keberaniannya untuk menjajaki Liga Spanyol tentu adalah langkah luar biasa.

Pada awalnya Arthur Irawan melakukan trial selama tiga bulan di Malaga U-19. Namun beberapa waktu berselang, ia kemudian pindah ke tim asal Liga Belgia, SK Beveren. 

2. Mahir Radja

Berikutnya ada nama bek Persiba Balikpapan, Mahir Radja. Masa muda Mahir Radja sempat dielu-elukan karena sudah menjajaki Liga Spanyol sejak usia muda.

Ia bahkan membuat keputusan yang cukup kontroversial dengan memilih untuk tidak mengikuti seleksi skuad timnas Indonesia U-19 meskipun namanya ada dalam daftar seleksi. Pada tahun 2013 silam, Mahir Radja memilih mengikuti trial di tim divisi dua Liga Spanyol, Club Deportivo Castellon U-19. Ia akhirnya sempat berada di klub tersebut empat musim. Pada 2017, Mahir Radja akhirnya hengkang ke tim UE Alcudia. 

3. Evan Dimas Darmono

Evan Dimas Darmono adalah pemain Indonesia yang pernah menjajal Liga Spanyol. Pemain asal Surabaya memang sempat menampilkan permainan cemerlang selama membela Timnas Indonesia.

Evan pernah sukses ikut membawa skuad Garuda Muda ke putaran final Piala AFC U-19 2014 silam. Hingga pada tahun 2015, striker mungil itu mendapatkan kesempatan untuk menjalani latihan trial tiga bulan bersama klub divisi dua Liga Spanyol, RCD Espanyol B.

Namun, mantan wonderkid tidak sampai mendapatkan kontrak permanen dari pihak klub. Meski begitu, namanya sempat menjadi sorotan lantaran membuat tim Spanyol melirik bakatnya.

4. Dallen Ramadhan Doke


 Pemain yang memiliki nama lengkap Dallen Ramadhan Menelusur Doke atau akrab disapa Dallen Ramadhan juga pernah menghebohkan dengan bermain di Liga Spanyol. Tercatat ia pernah bermain untuk tim Racing Algemesi di tahun 2018 silam. Saat itu, ia bermain di klub yang berbasis di Kota Valencia tersebut selama dua musim. Tak bertahan lama, Dallen Ramadhan akhirnya hengkang ke Bali United di tahun 2020. 

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda