Liga Champions

8 Rekor di Balik Kemenangan Telak Bayern Munchen, Nomor 2 Bikin Fans Barcelona Sakit Hati

Reynaldi Hermawan ยท Sabtu, 15 Agustus 2020 - 05:30 WIB
8 Rekor di Balik Kemenangan Telak Bayern Munchen, Nomor 2 Bikin Fans Barcelona Sakit Hati

Bayern Munchen menang 8-2 atas Barcelona, Sabtu (15/8/2020) dini hari WIB (Foto: Football Espana)

LISBON, iNews.idBayern Munchen pesta gol di babak perempat final Liga Champions. Secara mengejutkan, mereka menang 8-2 saat hadapi Barcelona di Estadio da Luz, Sabtu (15/8/2020) dini hari WIB.

Gawang Barcelona dijebol Thomas Muller (4, 31), Ivan Perisic (22), Serge Gnabry (28), Joshua Kimmich (63), Robert Lewandowksi (82), serta Philippe Coutinho (85, 89). Sedangkan dua gol Los Blaugrana tercipta berkat aksi bunuh diri David Alaba (7) dan sepakan kaki kiri Luis Suarez (57).

Bagi Barcelona, ini pertama kalinya mereka kebobolan lebih dari tujuh gol. Kekalahan paling telak yang mereka rasakan terakhir kali terjadi pada 1949 silam. Ketika itu Los Blaugrana menyerah 4-7 dari Valencia.

Selain itu, ada sejumlah rekor lain dari pertandingan ini. Berikut ulasannya yang dikutip dari Squawka:
1. Spanyol tidak punya wakil di babak semifinal Liga Champions. Ini pertama kalinya terjadi sejak musim 2007.

2. Skor 8-2 jadi rekor kemenangan terbesar dalam sejarah perempat final Liga Champions. Sebelum Bayern, hal tersebut pernah ditorehkan Real Madrid. Namun raksasa Spanyol itu melakukannya dalam sistem dua leg.

3. Bayern tim pertama dalam sejarah Liga Champions yang mencetak delapan gol dalam satu pertandingan babak perempat final.

4. Hanya ada tiga pemain yang mencetak gol dalam delapan penampilan Liga Champions berturut-turut yakni Lewandowski, Ruud Van Nistelrooy, dan Cristiano Ronaldo.

5. Lewandowski sudah menciptakan 50 gol bersama Bayern di Liga Champions. Hanya ada lima pemain yang bisa mencetak 50 gol atau lebih untuk satu klub yaitu Lionel Messi (114), Cristiano Ronaldo (105), Raul Gonzalez (66), dan Karim Benzema (52). Lewandowski bisa melakukan itu tanpa harus memperkuat Real Madrid atau Barcelona.

6. Bayern tim pertama yang mencetak lima gol lebih saat melawan Barcelona dalam satu pertandingan Liga Champions.

7. Dalam kariernya, Muller sudah enam kali menjebol gawang Barcelona di Liga Champions. Dia satu-satunya pemain yang dapat melakukan itu.

8. Dua pemain terbaik dunia, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo gagal mencapai semifinal. Ini pertama kali terjadi sejak 14 tahun terakhir.

Editor : Bagusthira Evan Pratama