Andre Oktaviansyah Pulih dari Cedera Lutut yang Dideritanya selama 2 Tahun

Abdul Haris ยท Senin, 16 Maret 2020 - 20:41 WIB
Andre Oktaviansyah Pulih dari Cedera Lutut yang Dideritanya selama 2 Tahun

Gelandang Garuda Select Andre Oktaviansyah (kiri) beraksi saat menghadapi AFC Bournemouth U-18 pekan lalu. (Foto: Garuda Select)

BIRMINGHAM, iNews.id – Kabar gembira datang dari tim Garuda Select. Gelandang Andre Oktaviansyah pulih total dari cedera lutut yang menderanya hampir dua tahun terakhir.

Bahkan, saat Garuda Select menghadapi AFC Bournemouth U-18 pekan lalu, mantan pilar Timnas Indonesia U-16 itu juga sudah bisa dimainkan. Dia masuk menggantikan Dika Kuswardani.

Di lapangan, Andre tampil baik dan tidak terlihat gangguan berarti ketika merumput kembali setelah sekian lama. Dia bermain selama 21 menit pada pertandingan yang berakhir dengan kemenangan 2-0.

“Alhamdulillah saya sudah pulih total karena pelatih tidak akan memberi izin main jika belum benar-benar sembuh. Selama pemulihan, menyentuh bola pun saya dilarang. Bahkan ada gerakan-gerakan tertentu yang sebisa mungkin dihindari," ucap Andre.

“Sekarang sudah tidak merasakan sakit lagi. Namun, secara permainan, masih harus ditingkatkan di kesempatan-kesempatan berikutnya," katanya.

Untuk bisa kembali merumput, Andre melewati penantian selama tiga bulan sejak bergabung lagi dengan Garuda Select pada Desember lalu. Dia menghabiskan sebagian besar waktunya di ruang perawatan dan pusat kebugaran.

Pertandingan menghadapi Bournemouth menjadi awal baik baginya untuk kembali tampil di level sebagaimana mestinya. "Semoga bisa kembali ke performa awal," ucap Andre menambahkan.

Pulihnya Andre juga ditegaskan Pelatih Fisik Garuda Select, Jake Fitzsimmons. Menurutnya, pemain berusia 18 tahun tersebut bisa melangkah ke tahap berikutnya. "Ya, sekarang dia sudah sembuh 100 persen," kata Jake.

Sementara itu, Fisioterapis Garuda Select, Macauley Spurling, mengutarakan, penanganan cedera Andre memang membutuhkan kehati-hatian. Butuh proses berlapis hingga sang pemain benar-benar dipastikan bisa bermain saat melawan Bournemouth.

“Cederanya didapat sebelum bergabung ke Garuda Select angkatan pertama. Saya melihat ada kesalahan dalam penanganan cederanya. Kemudian ketika menghadapi Blackburn Rovers, kakinya terkilir hingga tulang rawan di lututnya robek,” tutur Macauley.

Editor : Abdul Haris