Andrea Dovizioso Yakin Ducati Punya Senjata Hadapi MotoGP 2020

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Senin, 24 Februari 2020 - 21:30 WIB
Andrea Dovizioso Yakin Ducati Punya Senjata Hadapi MotoGP 2020

Pembalap Ducati Corse Andrea Dovizioso. (Foto: Instagram@ducaticorse)

LOSAIL, iNews.id - Tim MotoGP Ducati Corse kedapatan memiliki inovasi baru pada hari kedua uji coba pramusim di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (23/2/2020). Rider Ducati Andrea Dovizioso menilai teknologi yang dikembangkan timnya berpeluang menjadi senjata utama menghadapi 2020.

Pemandangan berbeda terlihat pada pada bagian kiri dari setang motor Ducati Desmosedici GP20. Terdapat dua tombol yang terhubung kabel tersemat di bagian kiri setang. Letaknya dekat set tombol lainnya yang berfungsi untuk mengatur perangkat elektronik.

Tombol yang terlihat asing itu menguatkan dugaan soal adanya sistem yang berfungsi untuk mengatur ketinggian posisi jok motor saat pebalap melaju di lintasan.

Jarak jok dengan ban yang lebih rendah akan meningkatkan akselerasi serta efisiensi aerodinamika sehingga memungkinkan motor melesat lebih cepat. Dovizioso sendiri mengungkapkan jika sistem itu sebenarnya merupakan pengembangan dari teknologi lama.

“Tak ada gunanya bertanya, karena saya tidak akan memberi tahu. Kami bisa unggul di beberapa aspek,” kata Dovizioso dikutip GPOne.

“Sistem ini kemungkinan bisa menjadi kekuatan kami, dan berusaha untuk menggunakannya. Saya tidak akan membocorkannya, tetapi sistem ini bukan barang baru dan merupakan evolusi,” ujarnya.

Pembalap asal Italia itu mengaku kini motor Ducati GP20 terasa lebih nyaman ketika dikendarai. Namun, dia mengungkapkan ada beberapa komponen baru lainnya yang juga diuji coba. Sayang, pengetesan tidak berjalan mulus, karena Dovizioso sempat terjatuh.

“Sensasi berkendaranya sudah lebih baik ketimbang di Malaysia, dan saya senang dengan hasilnya. Meski pun terjatuh, itu karena saya sedang mengetes sesuatu yang menarik. Tetapi, saya membuat kesalahan kecil ketika berganti arah,” ujarnya.


Editor : Abdul Haris