Liga Spanyol

Barcelona Kalahkan Valladolid, Messi Samai Rekor Xavi dan Henry

Reynaldi Hermawan ยท Minggu, 12 Juli 2020 - 05:50 WIB
Barcelona Kalahkan Valladolid, Messi Samai Rekor Xavi dan Henry

Barcelona menang 1-0 atas Real Valladolid (Foto: Twitter @FCBarcelona)

VALLADOLID, iNews.id – Kapten Barcelona, Lionel Messi menyamai rekor seniornya yakni Xavi Hernandez dan Thierry Henry. Capaian itu diukir saat Barcelona menang 1-0 atas atas Real Valladolid di pekan ke-36 La Liga, Minggu (12/7/2020) dini hari WIB.

Tampil di Estadio Municipal Jose Zorilla, Barcelona menang lewat gol Arturo Vidal. Sang pemain merobek gawang lawan di menit 15 usai memanfaatkan umpan pemberian Messi.

Menurut catatan Opta, Messi jadi penggawa Barcelona kedua sepanjang sejarah yang mampu memberikan 20 assist dalam satu musim La Liga. Sebelumnya hal tersebut dilakukan Xavi pada 2008/2009.

Messi juga menyamai rekor Henry yakni menjadi pemain yang bisa mencatatkan 20 gol lebih (22 gol) dan 20 assist di lima liga top Eropa dalam semusim. Henry melakukannya saat berseragam Arsenal musim 2002/2003 (24 gol dan 20 assist).

Terlepas dari rekor tersebut, kemenangan ini membuat Barcelona terus menempel Madrid di puncak klasemen La Liga. Saat ini Los Blaugrana memiliki 79 poin. Mereka hanya berjarak satu angka dari sang rival.

"Kami menguasai pertandingan pada babak pertama. Kami harusnya bisa mencetak dua atau tiga gol. Ada kegelisahan yang mengetahui karena kami hanya unggul 1-0. Valladolid juga dapat mencetak gol kapan saja. Di babak kedua, kami terus berjuang. Tapi kami melihat beberapa pemain kelelahan," ucap pelatih Barcelona, Quique Setien.

"Saya tak tahu apakah kemenangan ini cukup untuk merebut gelar juara La Liga. Sebab pesaing kami (Real Madrid) juga memenangkan semua pertandingannya," tuturnya dikutip dari Marca.

SUSUNAN PEMAIN
REAL VALLADOLID (4-3-1-2)
Masip; Moyano, Kiko, Sanchez, Carnero (Martinez 25); San Emeterio, Fernandez (Hervias 46), Alcaraz (Unal 46); Perez; Plano (Rubio 80), Guardiola (Ramirez 61)
Pelatih: Sergio Gonzalez

BARCELONA (4-1-3-2)
Ter Stegen; Nelson Semedo, Pique, Lenglet (Araujo 57), Jordi Alba; Busquets (Firpo 74); Sergi Roberto, Vidal, Puig (Rakitic 57); Messi, Griezmann (Suarez 46)
Pelatih: Quique Setien

Editor : Bagusthira Evan Pratama