Bukan Gimmick! Ini Alasan Persib Umumkan Patricio Matricardi Lewat Kartu Pos
BANDUNG, iNews.id – Persib Bandung resmi memperkenalkan Patricio Matricardi sebagai pemain asing terakhir mereka untuk musim 2025-2026. Yang menarik, pengumuman ini dilakukan dengan cara tak biasa, yakni melalui pengiriman kartu pos fisik kepada media dan Bobotoh terpilih di berbagai kota di Indonesia.
Patricio Matricardi didatangkan Persib untuk memperkuat lini belakang skuad Maung Bandung. Bek asal Argentina ini mendapat kontrak berdurasi dua tahun setelah terakhir memperkuat klub FC Botosani di Liga Rumania. Ia kini menjadi bagian penting dari proyek ambisius Persib menatap kompetisi Liga 1 dan turnamen internasional.
Yang membuat pengumuman ini begitu spesial adalah media penyampaiannya. Tidak melalui media sosial atau konferensi pers seperti biasanya, tapi justru lewat kartu pos bergambar sang pemain lengkap dengan perangko Rp10.000. Kartu pos itu dikirimkan serentak pada Rabu (2/7/2025).
"Pengumuman beberapa pemain baru sebelumnya, kami banyak menggunakan berbagai medium yang mengundang Bobotoh untuk datang, membaca, melihat, atau mendengar. Namun kali ini, kami membalik pendekatannya, kami yang datang langsung membawa kabar gembira ke rumah mereka," ujar Adhi Pratama, Head of Communications PT Persib Bandung Bermartabat (PBB).
Adhi menjelaskan langkah ini merupakan bentuk kerja sama kreatif antara Persib dan PT Pos Indonesia (Persero). Ini juga menjadi bagian dari strategi komunikasi klub yang ingin memberikan pengalaman personal dan emosional kepada para pendukungnya.
Dalam era digital yang serba cepat, Persib justru memilih pendekatan yang lebih nostalgik dan intim. Setiap kartu pos berisi visual eksklusif Matricardi, lengkap dengan pesan khusus dan poster tambahan, menjadikannya koleksi eksklusif bagi para penerima, baik media maupun fans.
"Kami berharap kartu pos ini bisa menjadi lebih dari sekadar media pengumuman. Kami ingin ia menjadi artefak kecil dari perjalanan emosional Bobotoh bersama Persib, sesuatu yang bisa disimpan, dikenang, bahkan diwariskan," tambah Adhi.
Strategi ini sekaligus menjadi lanjutan dari berbagai inovasi yang telah dilakukan Persib sebelumnya, mulai dari penggunaan videotron, mobitron, layar bioskop, hingga radio dan surat kabar dalam menyambut para rekrutan anyar. Namun kali ini, pendekatan personal menjadi kunci.