Demi Timnas Indonesia, Borneo FC Dukung Regulasi Penggunaan Pemain U-20

Abdul Haris ยท Rabu, 17 Juni 2020 - 20:55 WIB
Demi Timnas Indonesia, Borneo FC Dukung Regulasi Penggunaan Pemain U-20

Presiden Borneo FC Nabil Husein. (Foto: Instagram @nabilhusien99)

SAMARINDA, iNews.id – Borneo FC mendukung wacana penggunaan pemain U-20 pada lanjutan Liga 1 2020. Ide tersebut digulirkan PSSI untuk mendukung persiapan Timnas Indonesia U-20 jelang Piala Dunia U-20 2021 yang bakal digelar di Indonesia.

Karena pandemi virus Covid-19, semua persiapan Timnas berantakan. Kompetisi Liga 1 dan 2 juga terpaksa ditangguhkan sejak Maret lalu.

Belakangan, PSSI menyatakan siap menggulirkan lagi roda kompetisi pada September atau Oktober mendatang. Dalam lanjutannya, kompetisi akan dipusatkan di Pulau Jawa tanpa penonton dan menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu ada juga usulan dari Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI) agar seluruh klub memberi banyak kesempatan buat pemain-pemain U-20 sebagai persiapan Timnas U-20. PSSI menyambut ide tersebut, dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi berencana menggulirkan regulasi penggunaan pemain U-20.

Merespons kabar tersebut, Presiden Borneo FC, Nabil Husein, mendukung penuh wacana penggunaan pemain U-20 dalam lanjutan Liga 1 musim ini. Menurutnya, regulasi itu bukan masalah besar, malah bagus buat perkembangan sepak bola Indonesia di masa mendatang.

"Info yang beredar saat ini adalah akan digunakannya regulasi wajib U-20 di setiap tim. Untuk itu, kami siap mengikuti keputusan PSSI dan tidak akan jadi masalah untuk Borneo FC," ujar Nabil di situs resmi klub, Rabu (17/6/2020).

Nabil menyebut, tim berjuluk Pesut Etam sudah terbiasa memberi kesempatan pemain-pemain muda untuk berkembang. Imbasnya, Borneo mampu melahirkan talenta-talenta muda berbakat  seperti Terens Puhiri, M. Sihran, Nadeo Agrawinata, Ulul Azmi, Gianluca Pandeynuwu, Habibi, M. Ikhsan dan lainnya.

Lebih jauh, tim asal Samarinda itu juga aktif menyumbang pemain ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 yang dipersiapkan menuju Piala Dunia U-20 2021. Tercatat ada Arya Gerryan, Muhammad Taufany Muslihuddin, Ahmad Hamzah dan Gugun Syaiful Rahmad yang sempat dipanggil seleksi Manajer Pelatih Shin Tae-yong.

Namun, hingga berita ini ditulis, PSSI belum memutuskan apakah regulasi penggunaan pemain U-20 dalam lanjutan Liga 1 dan 2 akan digunakan. Semua akan dibahas dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Editor : Abdul Haris