Piala Dunia 2018

Dramatis, Gol Marcos Rojo ke Gawang Nigeria Bawa Argentina ke 16 Besar

Abdul Haris ยท Rabu, 27 Juni 2018 - 02:55 WIB
Dramatis, Gol Marcos Rojo ke Gawang Nigeria Bawa Argentina ke 16 Besar

Para pemain Argentina merayakan sukses mereka menembus 16 besar Piala Dunia 2018. (Foto: FIFA.com)

ST PETERSBURG, iNews.id – Argentina akhirnya lolos dari lubang jarum setelah menang 2-1 atas Nigeria pada laga pamungkas Grup D Piala Dunia 2018, Rabu (27/6/2018) dini hari WIB. Kemenangan di Saint Petersburg Stadium itu membawa tim Tango ke 16 besar.

Gol Marcos Rojo pada menit ke-86 menjadi penentu kemenangan Argentina yang membuka keunggulan lewat gol Lionel Messi (14). Sebelumnya, raksasa Amerika Selatan itu sempat waswas setelah winger Nigeria Victor Moses menyamakan kedudukan pada menit ke-51 lewat titik penalti.

Hasil ini menempatkan Argentina di peringkat 2 Grup D dengan poin 4. Mereka berhak ke fase gugur menemani Kroasia yang memuncaki klasemen dengan poin 9 setelah menggilas Islandia 2-1 di waktu yang sama. Dengan begitu, Nigeria dan Islandia dipastikan tersingkir.

Pada 16 besar, Argentina akan meladeni juara Grup C Prancis, 30 Juni mendatang. Sementara Kroasia akan menghadapi Denmark, 1 Juli nanti.

 



Pada laga tadi, Pelatih Argentina Jorge Sampaoli menempatkan Messi sebagai striker saat menghadapi Nigeria. Keputusan itu berbuah manis. Megabintang Barcelona itu membawa tim Tango  unggul 1-0 pada babak pertama.

Menerima umpan Ever Banega, Messi berlari dan menahan bola dengan pahanya sebelum melepaskan sepakan kaki kanannya yang tak bisa dibendung kiper Francis Uzoho pada menit ke-14. Itu gol ke-100 di Piala Dunia tahun ini.

Gol itu pun sekaligus menjadikan Messi sebagai pemain Argentina ketiga setelah Diego Maradona dan Gabriel Batistuta yang mencetak gol di tiga Piala Dunia berbeda.

Sejak awal, Argentina memang mampu menekan lawan. Penguasaan bola tim Tango mencapai 63 persen berbanding 37. Perubahan taktik dari 3-4-3 yang digunakan di laga terakhir saat kalah 0-3 kontra Kroasia, menjadi 4-4-2 berjalan sesuai rencana.


Editor : Abdul Haris

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua