Gawat! Proses Naturalisasi Sandy Walsh Dkk Masih Mandek, Ini Kendalanya

Cikal Bintang Raissatria ยท Senin, 28 Maret 2022 - 10:32:00 WIB
Gawat! Proses Naturalisasi Sandy Walsh Dkk Masih Mandek, Ini Kendalanya
Proses naturalisasi pemain keturunan Indonesia, Jordi Amat, Shayne Pattynama hingga Sandy Walsh masih terkendala. Ini permasalahannya. (Foto: Instagram/sandywalsh)

JAKARTA, iNews.id- Proses naturalisasi pemain keturunan Indonesia, Jordi Amat, Shayne Pattynama hingga Sandy Walsh masih terkendala. Hal itu disebut karena ada negara asal pemain itu belum menyerahkan berkas Surat Keterangan Perpindahan Warga Negara sebagai syarat naturalisasi.

Namun, kini Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali segera menyelesaikan masalah itu. Menpora akan menyurati negara asal para pemain.

Kabar ini diungkap oleh Executive Committee PSSI, Hasani Abdulgani dalam unggahan Instagram pribadinya (@hasaniabdulgani), Senin (28/3/2022). Hasani mengatakan, Menpora turun tangan untuk membantu proses naturalisasi.

Bantuan yang diberikan oleh Menpora adalah ikut menyurati negara asal para pemain keturunan. Hal ini sejalan dengan sejumlah persyaratan yang diminta oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk menyelesaikan administrasi para pemain naturalisasi.

“Proses naturalisasi pemain turunan atas nama Jordi Amat, Shandy Walsh dan Shayne Pattynama sampai saat ini masih berada di Direktorat Tata Negara, Kemenhumkam,” papar Hasani dalam akun Instagram pribadinya (@hasaniabdulgani), Senin (28/3/2022).

“Bapak Menpora (Zainudin Amali) telah ikut membantu dengan menyurati perwakilan negara asal pemain tersebut untuk meminta surat keterangan seperti yg dimintakan pihak Kemenkumham. Semoga saja mendapat respons yang cepat,” harapnya.

Berkas Surat Keterangan Perpindahan Warga Negara itu sebagai syarat naturalisasi. Berkas tersebut bisa didapatkan dari negara asal sang pemain, yakni Belanda dan Spanyol. Melihat kondisi tersebut, Zainudin berinisiatif untuk menyurati negara asal mereka untuk mempercepat proses.

Para pemain naturalisasi ini diharapkan bisa memperkuat Timnas Indonesia dalam waktu dekat. Terlebih, skuad asuhan Shin Tae-yong akan segera melakoni Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni nanti.

Editor : Ibnu Hariyanto

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda