Hewan yang Identik dengan Klub Sepak Bola di Indonesia, Ini Alasan Persija, Persib, dan Persik Dijuluki Harimau

Rilo Pambudi ยท Selasa, 27 September 2022 - 12:46:00 WIB
Hewan yang Identik dengan Klub Sepak Bola di Indonesia, Ini Alasan Persija, Persib, dan Persik Dijuluki Harimau
Hewan yang Identik dengan Klub Sepakbola di Indonesia (Ilustrasi:iNews.id/Komaruddin Bagja A)

JAKARTA, iNews.id - Berikut ini adalah hewan yang identik dengan klub sepak bola di Indonesia. Nama hewan memang begitu melekat pada beberapa klub sepak bola Tanah Air.

Nama-nama hewan biasanya dipakai sebagai nama julukan. Hewan yang dipakai sebagai nama julukan tersebut tidak hanya simbol kekuatan.

Nama hewan juga mewakili latar belakang dari mana klub tersebut berasal. Tidak jarang bahwa hewan-hewan tersebut dianggap sakral dan menjadi identitas dan bagian dari budaya daerah di mana klub tersebut berasal, misalnya saja adalah harimau atau sapi.

Berikut adalah Hewan yang Identik dengan Klub Sepak Bola di Indonesia

1. Harimau (Persija Jakarta, Persib Bandung, Persik Kediri)

Persija Jakarta dan Persib Bandung adalah klub yang menjadikan hewan harimau sebagai identitas mereka. Persija Jakarta dijuluki sebagai Macan Kemayoran,  ini merujuk jawara Betawi bernama Toya Murtado yang dijuluki Macan Kemayoran.

Sementara Persib dijuluki sebagai Maung Bandung. Maung dalam bahasa Sunda artinya adalah harimau. Julukan Maung Bandung terinspirasi dari lagu berjudul "Jung Maju Maung Bandung" yang diciptakan oleh Raden Aang Kusmayatna Kusiyana Samba Kurnia Kusumadinata.

Bagi sebagian masyarakat Sunda, Maung tak hanya dimaknai sebagai hewan penguasa rimba di Tatar Pasundan. Dalam kultur masyarakat Sunda, Maung dipercaya sebagai jelmaan raja termasyur di Tatar Sunda, Prabu Siliwangi.

Sedangkan Persik Kediri dijuluki sebagai Macan Putih. Pemberian julukan tersebut tidak muncul asal-asalan. 

Ada cerita sejarah lokal dalam julukan yang dipakai Persik tersebut. Macan Putih dianggap sebagai jelmaan Prabu Jayabaya dan menjadi simbol kemasyuran Kota Kediri.

2. Singa (Arema)

Arema memilih singa sebagai identitas klub. Klub asal Malang itu dijuluki sebagai Singo Edan atau Singa Gila. Singa memang sudah menjadi lambang Kota Malang sejak zaman Hindia Belanda.

Oleh sebab itu, Arema memilih Singo Edan sebagai julukan sebagai simbol keperkasaan. Klub kebanggaan Aremania itu diharapkan menjelma layaknya singa yang gahar saat bertanding di lapangan.

3. Sapi (Madura United)

Madura United menggunakan sapi sebagai julukan dan lambang klub. Mereka dijuluki sebagai Laskar Sape Kerrab. 

Sapi memang menjadi identitas Pulau Madura. Julukan Sape Kerrab pada Madura United merujuk pada budaya masyarakat Pulau Madura yakni pacuan karapan sapi.

4. Pesut (Borneo FC)

Borneo FC memiliki julukan Pesut Etam. Klub mereka juga memakai hewan pesut sebagai simbol dan logo klub.

Pesut merupakan mamalia seperti lumba-lumba air tawar yang menghuni Sungai Mahakam sekaligus ikon Samarinda, markas Borneo FC. 

Sementara Etam dalam bahasa Indonesia memiliki arti 'Kami'. Oleh sebab itu, Pesut Etam artinya bahwa Borneo FC juga adalah kebanggaan masyarakat Samarinda layaknya Pesut yang menjadi endemik.

5. Bajul/Buaya (Persebaya Surabaya)

Bajul Ijo atau buaya hijau adalah julukan ikonik untuk klub kebanggaan Bonek Mania, Persebaya Surabaya. Bajul atau buaya merupakan adalah salah satu ikon legendaris Kota Surabaya. Bajul adalah representasi dari keberanian. Sedangkan hijau adalah warna kebesaran tim.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda