Hewan yang Identik dengan Klub Sepak Bola di Indonesia, Ini Alasan Persija, Persib, dan Persik Dijuluki Harimau

Rilo Pambudi ยท Selasa, 27 September 2022 - 12:46:00 WIB
Hewan yang Identik dengan Klub Sepak Bola di Indonesia, Ini Alasan Persija, Persib, dan Persik Dijuluki Harimau
Hewan yang Identik dengan Klub Sepakbola di Indonesia (Ilustrasi:iNews.id/Komaruddin Bagja A)

6. Ayam dan Ikan (PSM Makassar, PSMS Medan)

Juku Eja adalah frasa dalam bahasa Makassar yang berarti Ikan Merah. Juku Eja adalah julukan untuk salah satu klub tertua di Indonesia, PSM Makassar.

Sebutan itu disematkan karena seragam kebanggaan PSM yang berwarna merah. Jika dilihat dari tribun penonton, penampilan punggawa PSM akan terlihat seperti sekelompok ikan kecil di kolam.

Selain itu, PSM juga dijuluki sebagai Laskar Ayam Jantan Dari Timur. Julukan tersebut melambangkan semangat juang salah satu pahlawan dari Sulawesi yakni Sultan Hasanuddin yang merupakan Sultan Gowa ke-16 dan dijuluki sebagai Ayam Jantan Dari Timur.

Selain itu, ada juga PSMS Medan yang memiliki julukan sebagai tim Ayam Kinantan. Terdapat beberapa versi tentang julukan yang baru populer pada tahun 1980-an tersebut.

Ada yang mengisahkan bahwa Kinantan adalah nama seorang penggemar PSMS Medan asal Jakarta yang memberikan seekor ayam terbaiknya kepada tim idolanya ketika menjadi juara pada  era perserikatan di tahun 1985.

Ayam itu lalu dibawa hingga ke Medan dan diarak keliling ibukota Sumatera itu. Sejak saat itulah muncullah istilah Ayam Kinantan yang ayam dari Kinantan.

Kisah lain mengatakan bahwa julukan ini bermula saat manager PSMS membawa seekor ayam ke komplek latihan PSMS di Kebun Bunga. Ayam yang dibawa itu adalah jenis ayam jago atau ayam aduan.

Ayam petarung itu lalu dipakai sebagai simbol keperkasaan PSMS yang memiliki sifat untuk bertarung habis-habisan di lapangan.


Itulah hewan yang identik dengan klub sepak bola di Indonesia khususnya klub dari Liga 1.

Editor : Komaruddin Bagja

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:





Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda