Ini 6 Komentator Sepak Bola Indonesia Terpopuler dari Dulu hingga Sekarang

Azizah Refifa Aqsha ยท Senin, 03 Oktober 2022 - 16:14:00 WIB
Ini 6 Komentator Sepak Bola Indonesia Terpopuler dari Dulu hingga Sekarang
Deretan Komentator sepak bola Indonesia terpopuler menarik untuk diulas. Komentator sepak bola merupakan seseorang yang mengomentari dan mengulas jalannya pertandingan, salah satunya Valentino Simanjutak (foto: Instagram/Radotvalent).

JAKARTA, iNews.id - Deretan Komentator sepak bola Indonesia terpopuler menarik untuk diulas. Komentator sepak bola merupakan seseorang yang mengomentari dan mengulas jalannya pertandingan. Ia bertugas menjelaskan keadaan dalam pertandingan.

Pada saat ini komentator sepak bola di Indonesia memiliki ciri khas nya masing-masing yang dapat membuat nyaman para penonton sepak bola. Di antaranya ada yang pembawaannya tenang dan kharismatik ada juga yang ekspresif dalam menyampaikan komentarnya. Lalu siapa saja komentator sepak bola populer di Indonesia?

Deretan komentator sepak bola Indonesia terpopuler:

1. Tris Irawan

Tris Irawan merupakan komentator senior yang populer di era 90-an. Tris merupakan komentator yang memiliki ciri khas dengan pembawaan yang tenang dan suaranya yang mikrofonis dan berat sehingga sosok kris selalu dinantikan dan dikenang oleh penggemar sepak bola tanah air.

Selain memandu tayangan sepak bola, Komentator yang memiliki wawasan luas ini juga kerap kali menjadi komentator acara-acara olahraga lainya seperti bulu tangkis dan pertandingan tinju.

2. Ricky Johanes

Ricky Johanes atau yang akrab disapa Ricky Jo adalah salah satu komentator sepak Indonesia terpopuler pada masanya.Sebelum menjadi komentator sepak bola, ia mengawali karirnya dengan menjadi seorang penyanyi. Pengalamannya sebagai komentator sudah tidak diragukan lagi.Bahkan, ia mendapat gelar presenter olahraga terfavorit pada tahun 2013 silam.

Sebagai seorang komentator Ricky Jo dikenal dengan pembawaannya yang tenang saat mengomentari pertandingan. Selain menjadi komentator sepakbola ia juga berjasa di olahraga futsal, karena tergabung dalam jajaran pengurus Badan Futsal Nasional.

3. Valentino Simanjuntak

Valentino Simanjuntak merupakan seorang presenter dan komentator sepak bola yang memiliki gaya bicara yang cukup unik. Ia populer dengan jargonnya yang fenomenal yaitu “Jebreeet, Oow Oow Oow”. Karena jargonya ini ia dikenal dengan panggilan Bung Jebret. 

4. Kusnaeni

Pria yang memiliki nama lengkap Mohamad Kusnaeni ini dikenal sebagai komentator yang tenang dan sering melontarkan komentar-komentar yang dapat mengundang tawa penonton. Ia sempat menjadi perbincangan di kalangan pecinta sepak bola. 

Salah satu komentarnya saat memandu pertandingan antara Indonesia vs nepal pada laga matchday ketiga Grup A Piala Asia 2023 menjadi viral di media sosial. Kusnaeni atau yang akrab disapa Bung Kus ini mengomentari gol kedua yang dicetak oleh Witan Sulaiman. Bung Kus berkomentar kepada Dimas Drajat yang sebetulnya berpotensi menerima bola, namun melepaskan bola tersebut  pada Witan untuk mencetak gol. “Pintar baik hati dan juga tidak sombong dari Dimas Drajat yang membuat gol kedua bisa tercipta” komentar Bung Kus pada saat itu.

5. Andi Darussalam Tabusalla

Sosok yang akrab disapa ADS ini merupakan komentator legendaris Indonesia yang populer pada era 1990-an. Ia dikenal sebagai komentator yang memiliki pengetahuannya yang mumpuni di bidang sepak bola.

Andi Darussalam juga sempat dipercaya untuk menjabat sebagai Ketua Badan Liga Indonesia pada tahun 2018 dan juga pernah menjabat sebagai manajer Timnas Indonesia.

6. Oland Fatah

Oland Fatah termasuk komentator lawas di Indonesia yang memiliki ciri khas pada suaranya. Sebagai seorang komentator Oland mampu berhati-hati dalam memilih diksi dan tata bahasa yang baik saat mengomentari pertandingan-pertandingan nasional maupun internasional. Namun, saat ini Oland sudah tidak semasif pada periode 1990-2000-an untuk tampil mengomentari laga-laga di televisi.

Itulah deretan komentator sepak bola Indonesia populer yang selalu mewarnai pertandingan sepak bola yang ditayangkan di layar kaca.

Editor : Ibnu Hariyanto

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda