Ini Negara Asia yang Disebut Sempat Berpotensi Mendukung Indonesia Keluar dari AFF

Rilo Pambudi ยท Selasa, 09 Agustus 2022 - 19:51:00 WIB
Ini Negara Asia yang Disebut Sempat Berpotensi Mendukung Indonesia Keluar dari AFF
Negara Asia yang Sempat Berpotensi Dukung Indonesia Keluar AFF (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Saat Timnas Garuda santer diisukan akan hijrah ke EAFF beberapa waktu lalu, ada sejumlah negara Asia yang berpotensi dukung Indonesia keluar dari AFF.

Untuk diketahui, Timnas Indonesia saat ini sudah dipastikan tetap bertahan di AFF. Hal itu telah dipastikan oleh Ketua Umum Federasi Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan atau Iwan Bule.

Dengan demikian, isu panas yang sempat menyebut Timnas punya rencana gabung Konfederasi Sepakbola Asia Timur atau EAFF, akhirnya juga gugur. Ini juga menandai berakhirnya polemik dugaan sepak bola gajah yang terjadi di Piala AFF U-19 2022. 

Meski begitu, wacana Timnas Indonesia keluar dari AFF sempat memanas beberapa waktu lalu. Hal itu karena adanya dugaan sepak bola gajah yang diperagakan Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19 di Piala AFF U-19 2022 hingga membuat Indonesia tidak lolos fase grup.

Setelah berbalas surat protes ke AFF,  Iwan Bule telah menerima keputusan dari AFF. Komisi Disiplin (Komdis) AFF dan perwakilan AFC telah memutuskan bahwa pertandingan antara Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19 dinyatakan fair play.

Oleh sebab itu, Iwan Bule memastikan PSSI atau Timnas Indonesia tetap akan menjadi anggota AFF. Lantas, negara mana saja dikabarkan sempat berpeluang mendukung keluarnya Indonesia dari AFF? Berikut ini ulasannya yang dilansir iNews.id, Selasa (9/8/2022).

5 Negara Asia yang Sempat Berpotensi Dukung Indonesia Keluar AFF:

1. Vietnam

Vietnam adalah negara yang punya andil besar perihal santernya wacana Timnas Indonesia meninggalkan AFF. Hal itu bermula dari dugaan adanya sepak bola gajah di laga Timnas Vietnam U-19 vs Timnas Thailand U-19 di Piala AFF U-19 2022.

Masyarakat Vietnam disebut sangat setuju jika Timnas Indonesia meninggalkan AFF dan hijrah ke Konfederasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF). Bahkan mereka menyarankan AFF mengundang Australia untuk pentas Piala AFF senior untuk menggantikan Timnas Indonesia. Hal itu sebagaimana dimuat oleh salah satu media Vietnam, Dantri.

“Saya berharap Indonesia pergi dari AFF dan posisinya digantikan Australia,” kata salah seorang pencinta sepakbola Vietnam bernama Le Xuan Lan, mengomentari pemberitahuan dari salah satu media Vietnam, Dantri.

2. Singapura

Singapura sebelumnya juga sempat berpotensi mendukung keputusan Timnas Indonesia angkat kaki dari AFF. Pasalnya, langkah Singapura sering dihentikan Timnas Indonesia di ajang bergengsi ASEAN tersebut.

Pada Piala AFF 2016 dan 2020 silam, kiprah Singapura terhenti setelah dikalahkan Timnas Indonesia. Saat itu, Singapura digulung Timnas Indonesia di babak semifinal yang digelar di kandang mereka sendiri. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak media menyebut bahwa Singapura berpotensi mendukung keluarnya Indonesia.

3. Korea Selatan

Korea Selatan adalah negara asal pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Kehadiran Shin Tae-yong di Timnas Indonesia disebut-sebut membuat Korsel memiliki kedekatan dengan Indonesia.

Terlebih, kiprah Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia sering mendapat sorotan dari media-media Korea Selatan. Maka dari itu, jangan heran jika Federasi Sepakbola Korea Selatan (KFA) berpeluang mendukung kepindahan PSSI ke EAFF.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda