Jika Guardiola Angkat Kaki, Pelatih Ini Akan Tangani Manchester City

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Selasa, 31 Maret 2020 - 19:28 WIB
Jika Guardiola Angkat Kaki, Pelatih Ini Akan Tangani Manchester City

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola (Foto: Guardian)

MANCHESTER, iNews.id - Manchester City sudah siap jika suatu hari nanti ditinggalkan Pep Guardiola. Untuk menggantikan posisinya, City disebut-sebut akan mendatangkan eks pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino.

Kontrak Guardiola akan berakhir pada musim panas 2021. Tapi sang pelatih berpeluang pergi sebab City terancam tak bisa tampil di kompetisi Eropa selama dua musim. Ini terjadi karena The Citizens dianggap melanggar aturan Financial Fair Play (FFP).

Meski belum ada kepastian, Guardiola sudah dikaitkan dengan Juventus. Rumor ini muncul karena selama ditangani Maurizio Sarri, Juventus beberapa kali menerima hasil buruk.

City kabarnya tak akan menghalangi kepergian Guardiola. Menurut laporan The Sun, mereka siap menunjuk Pochettino untuk mengisi jabatan pelatih kepala.

Pria berusia 48 tahun itu sudah tidak bekerja sejak November 2019 lalu. Pochettino dipecat seiring deretan hasil buruk yang diraih oleh Tottenham.

Meski demikian, kinerja Pochettino tetap layak diacungi jempol. Sebab musim lalu, dia mampu membawa Tottenham menjadi runner-up di ajang Liga Champions Eropa.

Soal raihan trofi, Pochettino memang belum sebanding dengan Guardiola. Tapi itu wajar sebab sepanjang kariernya, Pochettino belum pernah menangani tim raksasa seperti Guardiola yang sudah melatih Barcelona, Bayern Muenchen, dan Manchester City.

Meski demikian, bakat kepelatihan Pochettino bisa dianggap setara dengan Guardiola. Sebab melalui tangan dinginnya, dia sukses melahirkan pemain-pemain hebat seperti Adam Lallana, Luke Shaw, Dele Alli, Harry Kane, dan masih banyak lagi.

Editor : Bagusthira Evan Pratama