Kisah Ali Dia, 'Pemain Gaib' yang Bikin Geger Liga Inggris

Reynaldi Hermawan ยท Selasa, 24 November 2020 - 14:32:00 WIB
Kisah Ali Dia, 'Pemain Gaib' yang Bikin Geger Liga Inggris
Ali Dia saat memperkuat Southampton pada 1996 (Foto: Guardian)

SOUTHAMPTON, iNews.id – Sosok Ali Dia pernah menggemparkan jagat sepak bola di Liga Inggris. Bukan karena aksi menawannya, melainkan ulahnya membodohi pelatih dan manajemen Southampton.

Ali didatangkan pada 1996 ketika Southampton dilatih Graeme Souness. Dia direkrut karena mengaku sepupunya George Weah, pemain terbaik dunia 1995.

Weah merekomendasikan saudaranya via telepon. Ali disebut pernah bermain untuk Paris Saint-Germain (PSG) dan dipanggil memperkuat Timnas Senegal sebanyak 13 kali. Nama besar Weah dan statistik apik tersebut membuat Souness langsung tergiur untuk merekrutnya.

Singkat cerita, Ali melakukan debut di Premier League saat melawan Leeds United 23 November 1996. Dia dipercaya menggantikan Matt Le Tissier yang merupakan pemain andalan The Saints.

Ali memakai kostum nomor punggung 33. Tapi entah apa yang terjadi, dia minta diganti pada menit 86 karena kelelahan. Keesokannya Ali minta ditangani fisioterapis.

Setelah itu Ali pergi dan tidak pernah kembali lagi. Souness, Le Tissier, dan semua orang di Southampton baru sadar jika mereka tertipu. Kontrak sang pemain akhirnya diputus setelah dua pekan bergabung.

Editor : Bagusthira Evan Pratama