Kisah Arrigo Sacchi: Sales Sepatu yang Bikin AC Milan Juara Liga Champions 2 Kali Berturut

Ibnu Hariyanto, Ajeng Wirachmi ยท Minggu, 19 September 2021 - 06:32:00 WIB
Kisah Arrigo Sacchi: Sales Sepatu yang Bikin AC Milan Juara Liga Champions 2 Kali Berturut
AC Milan baru saja melakukan comebacknya ke Liga Champions setelah 7 tahun absen. Bicara AC Milan dan Liga Champions tak jika tak menyinggung Arrigo Sacchi. (foto: SempreInter.com)

MILAN, iNews.id- AC Milan baru saja melakukan comebacknya ke Liga Champions setelah 7 tahun absen. Bicara AC Milan dan Liga Champions tak lengkap jika tak menyinggung sosok bernama Arrigo Sacchi.

Arrigo Sacchi selalu diingat sebagai pahlawan bagi pendukung AC Milan. Sacchi pernah membawa AC Milan ke puncak kejayaan di era 1990-an di kompetisi elite Eropa itu.

AC Milan menjadi juara dua kali berturut-turut yakni musim 1988/1989 dan 1989/1990 di bawah arahan Sacchi. AC Milan sekaligus menjadi klub Italia terakhir yang bisa melakukan hal tersebut.

Sacchi saat itu mempunyai senjata andalan bernama trio Belanda. Trio itu yakni Marco Van Basten, Ruud Gullit dan Frank Rijkaard. 

Tapi siapa sangka, Sacchi ternyata bukan pemain sepak bola profesional sebelum menapaki karier sebagai pelatih. Dia pernah menjadi sales sepatu sebelum bertransformasi menjadi pelatih sepak bola.

Dia menjadi sales sepatu karena karier sepak bolanya sangat buruk. Setelah itu, dia tiba-tiba menjadi pelatih di sebuah klub amatir bernama Barraca Lugo. Debut sebagai pelatih dimulai pada usianya yang ke-26 tahun. Setelah melatih di klub itu, Sacchi pindah ke beberapa klub lain.

Hingga akhirnya, menjadi pelatih Milan tahun 1987. Penunjukkan Sacchi sebagai pelatih Milan juga sempat diragukan oleh pendukung Rossoneri.

Editor : Ibnu Hariyanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: