Kisah Piala AFF Perdana: Otak Cerdik Bek Filipina Gagalkan Pengaturan Skor

maulana yusuf ยท Senin, 15 Agustus 2022 - 06:53:00 WIB
Kisah Piala AFF Perdana: Otak Cerdik Bek Filipina Gagalkan Pengaturan Skor
Kisah Piala AFF Perdana tahun 1996 menarik diulas. Kala itu ada insiden percobaan pengaturan skor yang bikin geger publik sepak bola. (Foto: AFF)

MANILA, iNews.id - Kisah Piala AFF Perdana tahun 1996 menarik diulas. Kala itu ada insiden percobaan pengaturan skor yang bikin geger publik sepak bola.

Dikutip dari AP News, Senin (15/8/2022), bek Filipina Judy Saluria ditawari uang 50 ribu dolar Singapura oleh tiga mafia. Rinciannya yakni Kandasamy Karuppan dan Yam Phuang Fei dari Malaysia serta Chong Dhin Hoong asal Singapura.

Mereka ingin mengatur skor pertandingan Singapura melawan Filipina pada matchday ketiga penyisihan Grup B Piala AFF 1996 (masih bernama Piala Tiger) pada 6 September. Ketiga mafia itu ingin The Lions menang 7-0.

Hal tersebut bertujuan agar The Lions melaju ke babak berikutnya. Akhirnya mereka menyuap Saluria untuk membiarkan Singapura mencetak banyak gol ke gawang Filipina.

Untungnya Saluria tak tergiur uang. Dia segera melaporkan hal tersebut ke asisten pelatih Singapura kala itu Hans Smit. Keduanya melaporkan hal tersebut ke pemerintah Singapura sebelum 6 September.

Editor : Reynaldi Hermawan

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda