Kisah Trofi Terakhir Timnas Indonesia Senior: Pesta di SUGBK, Juara dengan Cara yang Tak Biasa

Reynaldi Hermawan ยท Kamis, 22 September 2022 - 17:45:00 WIB
Kisah Trofi Terakhir Timnas Indonesia Senior: Pesta di SUGBK, Juara dengan Cara yang Tak Biasa
Kisah trofi terakhir Timnas Indonesia senior menarik diulas. Sebab gelar juara didapatkan dengan cara yang tak biasa. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Kisah trofi terakhir Timnas Indonesia senior menarik diulas. Sebab gelar juara didapatkan dengan cara yang tak biasa.

Timnas Indonesia senior terakhir kali mengangkat trofi yakni 14 tahun lalu. Tepatnya pada ajang Piala Kemerdekaan 2008.

Itu merupakan turnamen yang diadakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-75. Kala itu Piala Kemerdekaan 2008 diisi enam tim.

Indonesia vs Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Sabtu (25/12/2021) malam WIB. Budi Sudarsono minta satu hal ke skuad Garuda. (Foto: Instagram/budipython13)

Sayangnya PSSI tak bisa mengundang tim-tim hebat untuk berpartisipasi. Hasilnya Piala Kemerdekaan 2008 diikuti Timnas Indonesia senior, Timnas Indonesia U-23, Brunei Darussalam, Kamboja, Myanmar, serta Libya U-23.

Indonesia yang dilatih Benny Dollo tetap menurunkan skuad terbaik meski lawan yang dihadapi bukan level teratas. Ada nama-nama beken seperti Bambang Pamungkas, Ismed Sofyan hingga Markus Horison.

Skuad Garuda tampil meyakinkan di fase grup. Mereka melibas Kamboja 7-0, lalu menghajar Myanmar 4-0.

Di semifinal Timnas Indonesia senior mengalahkan Timnas U-23 dengan skor tipis 1-0. Lalu pasukan Benny Dollo menghadapi Libya U-23 di laga final.

Editor : Reynaldi Hermawan

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda