Liga 1 Dapat Lampu Hijau, Ketum PSSI: Indonesia Harus Susul Negara-Negara ASEAN

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Kamis, 17 September 2020 - 19:45 WIB
Liga 1 Dapat Lampu Hijau, Ketum PSSI: Indonesia Harus Susul Negara-Negara ASEAN

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNews.id - PSSI mendapat restu dari Satgas Penanganan Covid-19 untuk melanjutkan kompetisi Liga 1 serta Liga 2 2020. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU), Kamis (17/9/2020).

Setelah mendapat lampu hijau, kompetisi bisa digelar mulai Oktober mendatang. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menegaskan liga wajib dilanjutkan agar Indonesia tidak tertinggal dari negara-negara lain khususnya di ASEAN.

“Negara-negara lain sudah melanjutkan kompetisi, seperti Liga Inggris, Jerman, Spanyol. Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2021 tentu harus melanjutkan kompetisi,” kata Iriawan dalam rilis PSSI.

“Hampir semua negara ASEAN juga sudah menjalankan liga. Malaysia, Thailand, Laos, Myanmar, dan Vietnam sudah menjalankan liga. Filipina rencananya juga akan segera memutar kompetisi mereka. Ini alasan kami untuk tetap melanjutkan Liga 1 dan Liga 2,” ujarnya.

Nantinya seluruh laga wajib menerapkan protokol kesehatan. Selain itu tak boleh ada penonton karena untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Prioritaskan faktor kesehatan dan keselamatan, termasuk di situ ada atlet, pelatih, dan penyelenggara kompetisi. Saya tekankan itu harus betul dipatuhi protokol kesehatannya. Saya juga tegaskan kompetisi nantinya tanpa penonton, dan itu harus dipatuhi. Masyarakat nanti bisa menyaksikan pertandingan dari siaran televisi atau media lainnya,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang ikut menandatangani MoU soal penyelenggaraan olahraga yang aman dari Covid-19.

Editor : Bagusthira Evan Pratama