Liga 1 Digelar Lagi September 2020 dengan Skema Baru

Reynaldi Hermawan ยท Selasa, 02 Juni 2020 - 20:34 WIB
Liga 1 Digelar Lagi September 2020 dengan Skema Baru

PT Liga Indonesia Baru. (Foto: Media LIB)

JAKARTA, iNews.id - Kompetisi Liga 1 2020 akan dilanjutkan. Hal ini diketahui setelah PSSI menggelar rapat virtual bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan seluruh kontestan, Selasa (2/6/2020).

Dari rapat tersebut, muncul wacana untuk menggulirkan kembali kompetisi Liga 1 yang sempat terhenti sejak Maret akibat virus corona. Rencananya pertandingan bakal digulirkan mulai September 2020.

Seluruh laga diusahakan terpusat di Pulau Jawa. Setiap tim bakal mendapat tambahan subsidi menjadi Rp800 juta. Selain itu PSSI dan PT LIB menghilangkan sistem degradasi sehingga tidak akan ada tim yang terlempar ke kompetisi Liga 2 musim depan.

Selain Liga 1, rapat tersebut juga membahas kelanjutan kompetisi Liga 2 2020. Kick off bakal dimulai pada Oktober dan dua tim terbaik nantinya promosi ke klasemen Liga 1 2021.

Liga 2 juga tidak memberlakukan sistem degradasi. Seluruh kontestan bakal dibagi ke dalam empat grup, dan mereka dapat subsidi sebesar Rp200 juta.

PSSI ingin kompetisi diadakan lagi karena tahun depan Indonesia bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Para pemain muda diharapkan banyak terlibat agar bisa mengasah kemampuannya sekaligus merasakan kembali atmosfer pertandingan.

Meski demikian, PSSI tetap mengedepankan protokol kesehatan yang diberlakukan oleh pemerintah. Skema ini akan dibahas lagi oleh jajaran Komite Eksekutif (Esco) PSSI dalam waktu dekat.

Editor : Bagusthira Evan Pratama