Liga Belanda Resmi Disetop, Ini Respons Ajax dan AZ Alkmaar

Arif Budiwinarto ยท Sabtu, 25 April 2020 - 09:15 WIB
Liga Belanda Resmi Disetop, Ini Respons Ajax dan AZ Alkmaar

Daley Blind. (Foto: Sportky Zoznam)

AMSTERDAM, iNews.id - Eredivis Belanda 2019-2020 resmi disetop, konsekuensinya tidak ada juara musim ini. Ajax Amsterdam angkat bicara mengenai keputusan tersebut.

Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB) mengumumkan kompetisi Eredivise Belanda musim 2019-2020 resmi disudahi, Jumat (24/4/2020) kemarin. Sebelumnya, Liga Belanda sempat mengalami penundaan sejak Maret lalu akibat pandemi virus corona.

Keputusan tersebut diambil KNVB setelah menggelar pembicaraan melalui teleconference dengan semua klub peserta. Keadaan darurat kesehatan di Belanda saat ini menjadi pertimbangan utama federasi menyetop kompetisi.

Konsekuensinya, KNVB menyatakan tidak ada tim juara musim ini. Selain itu, degradasi juga tidak berlakukan. Saat liga dihentikan sementara dengan menyisakan ... laga, Ajax Amsterdam tengah memimpin klasemen cuma unggul selisih gol dari AZ Alkmaar di posisi dua.

CEO Ajax Amsterdam, Edwin van der Saar, menyayangkan liga tak bisa merampungkan seluruh pertandingan. Namun, melihat situasi terkini dia dapat mengerti keputusan KNVB tersebut.

"Sebagai pemain dan sebagai klub Anda tentu ingin menjadi juara. Anda ingin menunjukkannya di lapangan dan kami berada di puncak sepanjang tahun," kata Van der Saat dikutip dari Skysports.

"Maka sangat disayangkan bahwa Anda tidak dinyatakan sebagai juara, tetapi dalam situasi ini dapat dimengerti. Ada hal-hal yang lebih penting saat ini daripada sepak bola," ucapnya.

Beda dari Ajax, AZ Alkmaar tengah mempertimbangkan pilihan mereka terkait pembatalan kompetisi Liga Belanda, khususnya dengan pemberian tempat di Eropa.

"Kami telah mencoba selama berminggu-minggu untuk menguraikan beberapa skenario mencegah situasi kita sekarang," demikian pernyataan resmi klub.

Dengan pembatalan ini, maka Ajax secara otomatis akan tampil di play-off Liga Champions. Sementara AZ Alkmaar bermakn di kualifikasi kedua, sedangkan Feyenoord yang berada di posisi ketiga langsung masuk ke babak grup Liga Europa dengan PSV dan Willem II lolos ke babak kualifikasi kedua untuk kompetisi.

Editor : Arif Budiwinarto