Manchester City Dilarang Tampil di Eropa, Klub Inggris Lain Ketiban Berkah

Reynaldi Hermawan ยท Sabtu, 15 Februari 2020 - 13:15 WIB
Manchester City Dilarang Tampil di Eropa, Klub Inggris Lain Ketiban Berkah

Manchester City dilarang UEFA mentas di kompetisi Eropa selama dua musim akibat melanggar aturan Financial Fair Play (FFP). (Foto: Sky Sports)

MANCHESTER, iNews.idManchester City dilarang UEFA mentas di kompetisi Eropa selama dua musim akibat melanggar aturan Financial Fair Play (FFP). Hukuman itu berdampak positif untuk klub Premier League lainnya.

City dinyatakan bersalah usai memanipulasi laporan keuangan terkait dana sponsor periode 2012 hingga 2016. Kubu The Citizens saat ini telah mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Jika banding ditolak, Sergio Aguero dan kawan-kawan bakal mulai menjalani hukuman larangan tampil di Liga Champions musim depan. Kondisi tersebut menjadi berkah bagi para pesaing mereka di kancah domestik sedang berebut tiket kejuaraan tersebut.

Sesuai regulasi, Premier League diizinkan mengirim empat wakil ke Liga Champions. City berpeluang besar lolos karena saat ini berada di posisi kedua klasemen di bawah Liverpool dan di atas Leicester City serta Chelsea.

Tapi jika The Citizens absen, maka tim yang finis di peringkat kelima berhak melenggang ke Liga Champions. Posisi tersebut saat ini diisi tim promosi Sheffield United. Akan menjadi sesuatu yang sangat fantastis jika The Blades bisa mewakili Inggris di kejuaraan antarklub paling bergengsi di Benua Biru itu.

Selain Sheffield, bebarapa klub juga masih berpeluang finis di posisi kelima yakni Tottenham Hotspur, Wolverhampton Wanderers, Everton dan Manchester United. Sementara Arsenal yang belum menemukan bentuk permainan terbaik di bawah arahan Mikel Arteta diprediksi sulit menembus top five.


Editor : Abdul Haris