Menpora: Belum Ada Keputusan soal Liga 1 & 2

Djanti Virantika ยท Rabu, 10 Februari 2021 - 17:49:00 WIB
Menpora: Belum Ada Keputusan soal Liga 1 & 2
Menpora Zainudin Amali. (Foto: Kemenpora)

JAKARTA, iNews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyatakan belum ada keputusan soal penyelenggaraan Liga 1 dan 2 2021. Itu poin dari rapat koordinasi (rakor) yang dengan sejumlah pemangku kepentingan, seperti PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), hingga Polri, guna membahas soal penyelenggaraan kompetisi sepak bola Liga 1 dan 2 2021, Rabu (10/2/2021) sore.

Pertemuan di Wisma Kemenpora itu, dihadiri oleh pihak Polri, PSSI, Satgas Covid-19, KONI Pusat, hingga PT LIB. Pertemuan ini diadakan sebagai tindak lanjut dari pertemuan Menproa  Amali dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri pada Senin (8/2/2021). Listyo kala itu menyatakan Polri siap memberi izin kompetisi sepakbola dengan syarat harus tetap memerhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Dalam rakor yang digelar pada hari ini, Zainudin menyatakan pertemuan hanya menjelaskan terkait rencana yang telah disiapkan PSSI dan PT LIB untuk menyelenggarakan Liga 1 2021 jika sudah mendapatkan izin. Tentunya, penyelenggaraan akan memerhatikan dengan baik soal protokol kesehatan yang disiplin dan ketat.

“Sudah dipaparkan secara lengkap, baik rencana penyelenggaraannya, maupun pelaksanaan protokol Covid-19 secara ketat dan disiplin. Kita sudah mendengarkan semua, kemudian direspons, dikomentari oleh pihak BNPB, Satgas Covid-19, KONI Pusat, dan juga Polri,” ujar Zainudin Amali dalam konferensi pers yang diadakan pada Rabu (10/2/2021) sore WIB.

Menpora Zainudin Amali (kanan) menyapa Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan jelang rapat Koordinasi Pengkajian Terhadap Usulan Penyelenggaraan Kompetisi Sepak Bola Liga 1 & 2 di Wisma Kemenpora, Rabu (10/2/2021) sore. (Foto: Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali (kanan) menyapa Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan jelang rapat Koordinasi Pengkajian Terhadap Usulan Penyelenggaraan Kompetisi Sepak Bola Liga 1 & 2 di Wisma Kemenpora, Rabu (10/2/2021) sore. (Foto: Kemenpora)

Nantinya, pemaparan yang sudah dilakukan PSSI dan PT LIB pun akan dikaji lebih mendalam oleh Polri. Soal izin menyelenggarakan kompetisi, semua akan bergantung kepada pihak kepolisian nantinya.

“Dari apa yang disampaikan secara umum, kita tentu mendapat gambaran tentang kesiapan dari PSSI dan PT LIB. Dan ini menjadi bahan buat Polri untuk mempelajari, mengkaji, dan apabila ada hal yang masih perlu dikomunikasi dengan PSSI dan LIB itu masih ada waktu,” ujar Zainudin.

“Jadi, tadi rapat koordinasi untuk mendengarkan pemaparan tentang rencana penyelenggaraan turnamen dan kompetisi dan juga penerapan protokol kesehatan secara disiplin dan ketat. Kita belum ambil keputusan apa pun karena nanti keputusannya setelah ini,” ujarnya.

“Jadi jangan ada yang salah paham bahwa setelah rapat kita sudah memutuskan. Tidak. Ini prosesnya harus berjalan karena kita tahu sekarang ini kondisi pandemi Covid-19. Prinsip pemerintah dan Kapolri adalah kita mengutamakan keselamatan dan kesehatan masyarakat,” tutur Zainudin.

Editor : Abdul Haris

Halaman : 1 2