Pemain Persija Bagi Tips Olahraga Selama Social Distancing

Arif Budiwinarto ยท Rabu, 25 Maret 2020 - 21:55 WIB
Pemain Persija Bagi Tips Olahraga Selama Social Distancing

Osvaldo Haay resmi jadi milik Persija Jakarta. (Foto: Persija)

JAKARTA, iNews.id - Persija Jakarta memperpanjang waktu libur tim guna mencegah penyebaran Covid-19. Penggawa Macan Kemayoran membagi tips berolahraga saat menjalani social distancing.

Skuad Persija awalnya dijadwalkan kembali berlatih awal pakan ini, namun rencana tersebut terpaksa diurungkan setelah keluar imbauan dari pemerintah menghentikan segala kegiatan dan melakukan social distancing (pembatasan sosial). Manajemen Persija kemudian menambah waktu libur hingga 31 Maret atau hingga waktu belum ditentukan.

Walaupun tidak ada latihan resmi, semua pemain Persija tetap diberi pekerjaan rumah oleh staf pelatih. Mereka diminta berolahraga rutin di sela-sela berkumpul bersama keluarga. Ini dimaksudkan agar kondisi fisik pemain tetap terjaga meski tidak ada pertandingan.

Penyerang Persija, Osvaldo Haay, rutin menjalakan core training atau melatih otot inti seperti seperti sit up, bird-dog crunch dan standing bycyle crunch. Menurut topskorer Timnas Indonesia di SEA Games 2019, latihan tersebut dapat mengusir rasa bosan di rumah.

"Walaupun di rumah tidak boleh diam dan harus bergerak. Hal ini untuk menjaga daya tahan tubuh termasuk mencegah masuknya virus yang saat ini tengah mengkhawatirkan," kata Oslvaldo dikutip dari laman resmi klub.

"Olahraga dari saya sangat sederhana dan dapat dilakukan di rumah tapi sangat bermanfaat. Saya melakukan Core Training bersama adik dan keponakan," ujarnya.

Tak jauh berbeda dengan Osvaldo, bek sayap Macan Kemayoran, Alfath Fathier, juga tetap menempa fisiknya selama menjalani social distancing. Pemain 23 tahun memakai alat sederhana saat berolahraga.

"Olahraga selalu saya lakukan dalam kondisi apapun. Teruntuk kondisi yang terjadi sekarang. Saya melakukan dengan peralatan sederhana," kata Alfath.

"Olahraga saya dengan memakai resistance band (karet) untuk penguatan otot dan olahraga kardio. Selain itu kita bisa berolahraga skipping atau lompat tali."

"Selamat mencoba, tetap sehat untuk kita semua dan semoga selalu dalam lindungan Allah," tuturnya.

Editor : Arif Budiwinarto