Polisi Serahkan Berkas Kasus Pengaturan Skor Perses Vs Persikasi ke Kejati Sumedang

Irfan Ma'ruf ยท Jumat, 24 Januari 2020 - 19:48 WIB
Polisi Serahkan Berkas Kasus Pengaturan Skor Perses Vs Persikasi ke Kejati Sumedang

Ketua Satgas Antimafia Bola, Brigjen Pol Hendro Pandowo (Foto: Irfan Ma'ruf)

JAKARTA, iNews.id - Satuan Tugas Antimafia Bola mengeluarkan pernyataan baru terkait kasus pengaturan skor di Liga 3 yang melibatkan Perses Sumedang dengan Persikasi Bekasi. Menurut Ketua Satgas, Brigjen Pol Hendro Pandowo, Jumat (24/1/2020) berkas kasus ini akan diserahkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumedang.

Kasus ini bermula saat Perses menjamu Persikasi di Stadion Ahmad Yani, Sumedang, Jawa Barat, Rabu (6/11/2019) lalu. Ketika itu, laga dimenangkan Persikasi dengan skor 3-2.

Kemudian pada Jumat (22/11/2019) satgas mendapat laporan dari masyarakat. Selanjutnya mereka melakukan penyelidikan dan berhasil menetapkan sejumlah tersangka.

"Tanggal 22 November 2019 juga kita melakukan penangkapan. Pertama adalah kepada wasit utama berinisial DS," kata Hendro di Polda Metro Jaya

Pada hari yang sama, polisi menangkap tiga orang yang merupakan pihak manajemen dari klub Persikasi. Mereka adalah BP, HR, dan SH. Ketiganya ditangkap di wilayah Bekasi, Jawa Barat.

"Kita lanjutkan melakukan penangkapan terhadap perantara saudara MR. Yang terakhir kita menangkap terhadap saudara DS dari PSSI, bagian perwasitan Asprov PSSI Jabar," ujarnya.

Selanjutnya Satgas menyerahkan berkas perkara pada Kamis (16/1/2020). Beberapa hari kemudian, berkas perkara tersebut sudah dinyatakan P-21. "Kita menyerahkan tersangka dan barang bukti ke Kejati di Sumedang," ucap Hendro.

Seluruh tersangka dijerat Pasal 2 dan Pasal 3 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap dan atau Pasal 55 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.


Editor : Bagusthira Evan Pratama