Sejarah 20 Mei: Tendangan Geledek Ronald Koeman Tentukan Pesta Barcelona

Reynaldi Hermawan ยท Rabu, 20 Mei 2020 - 15:45:00 WIB
Sejarah 20 Mei: Tendangan Geledek Ronald Koeman Tentukan Pesta Barcelona
Ronald Koeman saat masih memperkuat Barcelona (Foto: Dok Barcelona)

BARCELONA, iNews.id – Tanggal 20 Mei 1992 sangat bersejarah untuk Barcelona. Di hari itu, Los Blaugrana berhasil meraih trofi Liga Champions untuk pertama kalinya.

Pada laga puncak, Barcelona menghadapi Sampdoria di Wembley Stadium. Barca ke final setelah mengungguli Sparta Praha, Benfica, dan Dynamo Kiev di babak penyisihan Grup B. Sedangkan Sampdoria lolos sebagai juara Grup A usai unggul poin atas Red Star Belgrade, Anderlecht, dan Panathinaikos.

Saat itu Barcelona masih dilatih Johan Cruyff. Mereka mengandalkan strategi tiki taka yang sedap dipandang mata.

Namun Sampdoria mampu mengatasi permainan lawan. Tim asuhan Vujadin Boskov menahan imbang Barcelona sepanjang waktu normal.

Di babak tambahan, dewi keberuntungan berpihak pada perwakilan Spanyol. Menit 112, wasit memberi hadiah tendangan bebas karena ada pelanggaran di dekat kotak penalti Sampdoria.

Ketika itu Koeman sudah bersiap. Tapi dia tidak menembak secara langsung dari situasi bola mati. Bola sempat disentuh rekannya agar dinding pertahanan Sampdoria tercerai berai.

Strategi tersebut berjalan mulus. Beberapa pemain Sampdoria terpancing bergerak karena bola sudah mengenai kaki penggawa Barca. Tapi di situ ada Koeman yang langsung melepaskan 'tembakan geledek'. Bola melesat cepat dan gagal dibendung Gianluca Pagliuca.

Itu jadi satu-satunya gol di laga tersebut. Koeman akan terus diingat sebagai sosok penting dalam sejarah Barcelona merebut trofi perdana di Liga Champions.


Editor : Bagusthira Evan Pratama