Sempat Ada Polemik Dugaan Sepak Bola Gajah, Presiden AFF Lakukan Hal Ini untuk Membahagiakan Timnas Indonesia

Rilo Pambudi ยท Selasa, 09 Agustus 2022 - 18:38:00 WIB
Sempat Ada Polemik Dugaan Sepak Bola Gajah, Presiden AFF Lakukan Hal Ini untuk Membahagiakan Timnas Indonesia
Presiden AFF melakukan hal ini untuk membahagiakan Timnas Indonesia. t Presiden Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF), Khiev Sameth (kiri) dan Ketua Umum Federasi Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan (Foto:SPortstars.id)

JAKARTA, iNews.id - Meski sempat ada polemik isu sepak bola gajah di AFF U-19 lalu, Presiden AFF melakukan hal ini untuk membahagiakan Timnas Indonesia.

Diketahui, Timnas Indonesia saat ini dipastikan tetap bertahan di AFF. Hal itu telah dipastikan oleh Ketua Umum Federasi Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan atau Iwan Bule.

Dengan demikian, isu panas yang sempat menyebut Timnas punya rencana gabung Konfederasi Sepakbola Asia Timur atau EAFF, akhirnya juga gugur. Ini juga menandai berakhirnya polemik dugaan sepak bola gajah yang terjadi di Piala AFF U-19 2022. 

Seperti diketahui, wacana Timnas Indonesia keluar dari AFF sempat memanas beberapa waktu lalu. Hal itu lantaran adanya dugaan kecurangan yang diperagakan Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19 di Piala AFF U-19 2022 hingga membuat Indonesia tidak lolos fase grup.

Setelah berbalas surat protes ke AFF,  Iwan Bule telah menerima keputusan dari AFF. Komisi Disiplin (Komdis) AFF dan perwakilan AFC telah memutuskan bahwa pertandingan antara Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19 dinyatakan fair play.

Oleh sebab itu, Iwan Bule memastikan PSSI atau Timnas Indonesia tetap akan menjadi anggota AFF. 

"Tentunya kita tetap saja (bertahan) di AFF, karena memang kita di kawasan ASEAN (Asia Tenggara)," jelas Mochamad Iriawan.

"Jadi, kita ganti saja (isunya), kita balas Vietnam dan Thailand seperti sekarang kita bisa menang (atas Vietnam U-16)," tegasnya dikutip iNews.id dari Okezone, Senin (8/8/2022).

Pujian Presiden AFF untuk Indonesia

Piala AFF U-19 2022 yang berlangsung di Indonesia selaku tuan rumah, telah resmi berakhir pada Jumat (15/7/2022). Kompetisi paling bergengsi di Asia Tenggara tersebut dimenangkan oleh Malaysia yang keluar sebagai juara.

Terkait hal tersebut, Iwan Bule selaku Ketua Umum PSSI menyebut bahwa seluruh peserta puas dengan penyelenggaraan yang aman dan lancar.

Hal itu membuat Presiden Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF), Khiev Sameth, memberikan pujian setinggi langit kepada Indonesia selaku tuan rumah.

Meski Timnas Indonesia U-19 gugur di fase grup, Presiden Federasi Sepak Bola Laos, Viphet Sihachakr, dan Wakil Presiden Asosiasi Sepak Bola Malaysia, Mohd Joehari Mohd Ayub, puas dengan penyelenggaraan Piala AFF U-19 2022.

"Alhamdulillah diberikan apresiasi oleh Presiden AFF, Presiden Laos, dan Vice President Malaysia. Indonesia menjadi tuan rumah yang baik," kata Iwan Bule kepada awak media beberapa waktu lalu.

"Kendaraan, keamanan, hotel, makanan, suporter Malaysia kami jaga. Kami memang berkomitmen agar penyelenggaraan sukses," ujar Iriawan.

Keberhasilan menyelenggarakan Piala AFF U-19 2022 yang mendapat pujian dari berbagai pihak termasuk Presiden AFF itu role model untuk event akbar selanjutnya yang akan digelar di Indonesia. Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada Mei tahun depan.

Sebagai informasi tambahan, Piala AFF U-16 masih berlangsung dan baru saja merampungkan fase grup pada Senin, (8/8/2022). Empat tim dipastikan lolos ke semifinal antara lain Indonesia, Vietnam, Myanmar, dan Thailand.

Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Myanmar pada 10 Agustus 2022 pukul 20.00 WIB. Sementara Thailand U-16 akan bersua dengan Vietnam U-16 di hari yang sama pada pukul 15.30 WIB.

Editor : Komaruddin Bagja

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda