Setelah Euro, Copa America 2020 juga Ditunda hingga 2021 akibat Korona

Reynaldi Hermawan ยท Selasa, 17 Maret 2020 - 22:13:00 WIB
Setelah Euro, Copa America 2020 juga Ditunda hingga 2021 akibat Korona
Copa America 2020 diundur setahun menjadi 2021 akibat pandemi virus korona. (Foto: As)

BUENOS AIRES, iNews.id – Copa America yang sejatinya dimulai Juni 2020 diundur setahun menjadi 2021 akibat pandemi virus korona. Pengumuman tersebut mengudara ke publik beberapa jam setelah Euro 2020 juga ditangguhkan 12 bulan.

Saat ini virus yang berasal dari Wuhan, China itu sudah menyerang berbagai belahan dunia. Liga-liga di Eropa dan Amerika Selatan terpaksa ditunda sebagai langkah pencegahan penyebaran virus.

Menurut laporan Globo, Federasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) sengaja menunda Copa America untuk memberikan kesempatan kepada liga-liga untuk menyelesaikan pertandingan.

Presiden UEFA Aleksender Ceferin menyanjung kebijakan CONMEBOL yang sejalan dengan pihaknya. Saat ini banyak pemain Amerika Selatan yang mencari nafkah di Eropa antara lain Kapten Argentina Lionel Messi yang membela Barcelona dan penyerang Brasil Neymar Jr di Paris Saint-Germain

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Alejandro Dominguez dan CONMEBOL, yang telah setuju untuk menunda Copa America 2020,” kata Ceferin di laman UEFA.

“Ini berarti pemain dari klub dan liga di Eropa akan mengalami gangguan seminimal mungkin dalam bermain. Keputusan yang terkoordinasi dan bertanggung jawab ini, sangat dihargai seluruh komunitas sepak bola Eropa,” ujarnya.

Copa America sejatinya berlangsung di dua negara yakni Argentina dan Kolombia pada 12 Juni 2020 hingga 12 Juli 2020. Namun kini kompetisi tersebut diundur menjadi 11 Juni 2021 dan berakhir 10 Juli 2021.

Argentina, Australia, Bolivia, Uruguay, Chili dan Paraguay masuk di Grup A. Sementara Kolombia, Brasil, Qatar, Venezuela, Ekuador, dan Peru bersaing di Grup B. Australia dan Qatar merupakan tim undangan edisi kali ini.

Editor : Abdul Haris