Shin Tae-yong dan Ketum PSSI Belum Tentukan Lokasi TC Timnas Indonesia

Antara ยท Sabtu, 08 Agustus 2020 - 00:45:00 WIB
Shin Tae-yong dan Ketum PSSI Belum Tentukan Lokasi TC Timnas Indonesia
Timnas Indonesia U-19 jalani latihan di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (7/8/2020) sore WIB (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNews.id - Rencana Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia latihan di Korea Selatan menemui kendala. Sebab pemerintah Korsel memberlakukan peraturan karantina bagi siapapun yang masuk ke wilayahnya.

Hal itu ditujukan untuk menghindari penularan Covid-19. Agar tidak membuang-buang waktu, PSSI coba berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Korsel agar Timnas Indonesia tak perlu jalani karantina.

Jika nantinya gagal, PSSI ingin memindahkan lokasi pemusatan latihan (TC) ke Benua Eropa. Rencananya ada tiga negara yang jadi opsi yakni Belanda, Jerman, dan Prancis.

"Kalau ingin ke luar (negeri) tidak gampang juga. Kalau mau ke Korea Selatan harus ada syarat-syarat tertentu, salah satunya karantina 14 hari. Kami sampai saat ini sedang komunikasi dengan Kedutaan (Korea Selatan)," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Jumat (7/8/2020).

"Plan lainnya kami juga akan menjajaki Belanda. Yang jelas Shin Tae-yong ingin TC ke luar negeri. Hal ini baru tadi malam kita rapati," ucapnya.

Sejauh ini Shin masih memprioritaskan kampung halamannya. Namun dia tidak keberatan jika nantinya TC diadakan di Benua Eropa.

"Alasan pertama memilih Korsel karena relatif aman dari Covid-19. Lalu tim-tim di sana relatif lebih kuat dari Indonesia. Menghadapi mereka akan bagus untuk meningkatkan kemampuan pemain," ucap sang pelatih.

"Jarak satu tim dengan tim lain hanya sekitar 40-50 kilometer. Akan sangat bagus jika uji coba melawan mereka," tuturnya.

Editor : Bagusthira Evan Pratama