Apa Itu Wireless Charging?

Dini Listiyani · Kamis, 18 November 2021 - 12:06:00 WIB
Apa Itu Wireless Charging?
Apa Itu Wireless Charging? (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Apa itu wireless charging? Sebenarnya pengisian nirkabel ini sudah menjadi sesuatu yang umum belakangan ini. Karena, sudah banyak vendor yang menawarkan produk tersebut. 

Meski nyaman, charger ponsel tanpa ribet dengan kabel, tidak semua wireless charging dibuat dengan cara yang sama. Bahkan, ada beberapa peringatan yang menyertai teknologi wireless charging tersebut. 

Sebelum membeli wireless charging sebaiknya, ketahui terlebih dulu apa itu wireless charging, perbandingan dengan pengisian daya kabel konvensional, dan perbedaan di antara perangkat ponsel, sebagaimana dikutip dari Android Authority. 

Cara Kerja Wireless Charging
Dikutip dari Android Authority, wireless charging bergantung pada prinsip induksi elektromagnetik yang agak langsung. Singkatnya, teknologi ini melibatkan melewatkan arus bolak-balik (AC) melalui koil tembaga, yang menghasilkan medan magnet di sekitarnya. 

Jika Anda kemudian membawa koil lain dalam jangkauan, medan menginduksi arus. Dalam konteks wireless charging, kumparan primer ditempatkan di dalam pengisi daya dan menerima daya dari dinding. 

Kumparan sekunder hidup di dalam ponsel cerdas Anda dan menerima arus induksi, sepenuhnya secara nirkabel. Sebagai catatan, inilah mengapa perangkat dengan pengisian nirkabel perlu memiliki bagian belakang plastik atau kaca karena logam hanya akan mengganggu kopling induktif. 

Selama bertahun-tahun, beberapa produsen telah mencoba untuk menghindari pembatasan ini dengan menggunakan dua bahan yang berbeda. Bagian belakang Pixel 5, misalnya, sebagian besar terbuat dari logam, kecuali potongan pintar yang menggunakan plastik.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: